Program Pengolah Desain Grafis

Apakah anda sedang tertarik untuk menjadi seorang desainer? jika iya, anda harus tahu aplikasi apa saja yang wajib anda pelajari. Ada banyak program pengolah desain grafis, semua dibagi menjadi beberapa bagian yaitu pengolah vector, foto/gambar (pixel), tata letak (layout), dan 3D. Misalkan anda akan membuat sebuah logo, sebaiknya anda menggunakan program pengolah vector agar hasilnya lebih maksimal, berikut daftar aplikasinya menurut bagiannya masing-masing.

Program Pengolah Desain Grafis

Program Pengolah Desain Grafis


A. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)

Aplikasi yang digunakan untuk membuat desain yang berhubungan dengan tata letak (layout), seperti penataan teks dan gambar misalkan brosur, desain kemasan, famplet dan sebagainya. Apa saja aplikasnya?

1. Adobe In Design
2. Adobe Frame Maker
3. Adobe PageMaker
4. Corel Ventura
5. Quark Express

B. Aplikasi Pengolah Vector

Aplikasi yang digunakan untuk membuat sebuah bentuk vector yang biasa disebut dengan program ilustrator. Aplikasi ini sangat diperlukan untuk membantu anda dalam pembuatan desain, misalkan logo. Apa saja aplikasinya?

1. Adobe Illustrator
2. CorelDRAW
3. Macromedia Freehand
4. Micrografx Designer
5. Bebena Canvas

C. Aplikasi Pengolah Foto/gambar (Pixel)

Aplikasi banyak digunakan oleh Photografer untuk menyempurnakan hasil karyanya, biasanya digunakan untuk mengedit, memanipulasi, atau menyempurnakan sebuah foto/gambar. Apa saja aplikasinya?

1. Adobe Photoshop
2. Manga Studio
3. Corel Photo Paint
4. Micrografx Photo Publisher
5. Micromedia Xres

D. Aplikasi Pengolah 3D (3 Dimensi)

Sudah tidak dipertanyakan lagi, aplikasi ini digunakan untuk membuat sebuah karya desain yang berhubungan dengan 3D, seperti animasi dan sering kali dipakai oleh arsiktetur bangunan. Apa saja aplikasinya?

1. AutoCAD
2. 3Ds Max
3. Blender
4. Xara 3D
5. Pixar

Demikian program-program pengolah desain grafis yang saya ketahui, setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saya pribadi menggunakan Adobe Photoshop, CorelDRAW, Adobe In Design dan AutoCAD, bagaimana dengan anda? Semoga bermanfaat.

Comments