Penjelasan Infografis (Infographic)

Sejak jaman purba, manusia sudah terbiasa menceritakan sesuatu dalam bentuk visual. Beberapa bukti yang dapat kita lihat contohnya peninggalan masa pra sejarah seperti ukiran pada bebatuan yang menceritakan sebuah kejadian. Seiring perkembangan jaman teknologi semakin canggih, perkembangan infografispun juga semakin bervariasi. 


Penjelasan Infografis (Infographic)


Penjelasan Infografis


Apa itu Infografis?


Infografis adalah penyajian sebuah informasi yang dibuat dengan konsep visual agar lebih mudah dipahami. Secara umum hasil akhir dari Infografis lebih didominasi bentuk visual daripada informasi teks. Proses pembuatan infografis biasanya disebut Information Design, data-visualization, dan Information Architecture. 



Jenis-jenis Infografis

1. Infografis Statis

Infografis statis adalah inforgrafis yang dibuat dalam bentuk visual statis atau gambar yang tidak bergerak, jenis infografis ini adalah jenis yang paling umum digunakan dalam menyampaikan informasi dalam berbagai kebutuhan, misalnya Media cetak.


Contoh : Infografis Karir Raheem Sterling


2. Infografis Animasi


Infografis Animasi adalah infografis yang menyajikan informasi dalam bentuk visual audio video, infografis jenis ini bisa disajikan dengan 2 dimensi ataupun 3 dimensi yang terlihat lebih kompleks, misalnya Televisi dan Youtube.


Contoh : Infografis Lawan Korupsi 


3. Infografis Interaktif


Infografis Interaktif adalah infografis yang dibuat pada sebuah website agar pengguna dapat berinteraksi dengan informasi yang ditampilkan, untuk membuat infografis ini bisanya dibutuhkan seorang desainer, UI/UX desainer, Illustrator, dan yang tidak kalah penting adalah Programmer.


Contoh : Infografis Jenis Hantu Nusantara


Demikian penjelasan Infografis yang dapat anda pelajari, semoga bermanfaat.


Comments