Peralatan Yang Dibutuhkan Seorang Desainer

Apa saja peralatan yang dibutuhkan oleh seorang desainer? Sebelum anda terjun dalam dunia desain setidaknya anda harus tahu peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk membantu pekerjaan anda. Berikut beberapa daftar peralatan yang saya rasa harus anda perhatikan.

Peralatan Yang Harus Anda Miliki Sebelum Menjadi Desainer


1. Peralatan Menggambar

1. Peralatan menggambar

Dijaman yang modern ini, peralatan menggambar masih sering digunakan oleh para desainer untuk menggambar sketsa misalnya desain logo, komik dan sebagainya. Selain mengasah keahlian kita dalam menggambar, hal ini juga dapat dijadikan acuan sebagai kerangka yang ampuh dalam sebuah desain sebelum menggarapnya lewat komputer.

Jika anda menggambar hanya untuk membuat sketsa, maka buku gambar, pensil, penggaris dan penghapus mungkin sudah cukup. Namun, jika anda sedang berniat masuk kuliah jurusan DKV maka ada banyak perlengkapan yang harus anda siapkan misalnya Buku gambar A3, Penggaris, pensil, penghapus, Pensil warna, cat warna.

2. Panduan Belajar (Buku/Website)

2. Buku dan Website sebagai panduan belajar

Mungkin anda bertanya, apakah saya hanya akan belajar lewat sebuah buku dan website? Jawabannya tidak! Anda dapat belajar menjadi desainer grafis lewat study (kuliah/kursus) atau lewat teman yang ahli. Namun, karena artikel ini membahas sebuah peralatan maka dari itu saya hanya menyebutkan dua hal yaitu Buku dan Website.

Anda dapat mencari ratusan buku desain grafis diperpustakaan atau gramedia terdekat, namun apabila anda tidak memiliki banyak uang untuk membelinya, gunakan internet untuk mencari website yang berhubungan dengan desain yang ingin dipelajari, anda hanya membutuhkan kuota untuk melakukannya.

3. Komputer/Laptop

3. Komputer/Laptop

Anda tidak akan pernah jauh dari komputer, namun bukan untuk bermain facebook ataupun twitter melainkan untuk membuat sebuah desain, sebuah karya yang nyata. Spesifikasi komputer sangat berpengaruh, misalkan anda belajar dibidang animasi 3D, maka paling tidak komputer anda menggunakan RAM 4GB dan VGA yang mumpuni, belilah HDD yang memiliki cukup ruang misalkan 500GB, karena anda akan menyimpan banyak gambar.

Sekarang ini sudah banyak toko komputer yang menyediakan Komputer grafis, namun saran saya lebih baik anda belajar merakit komputer sendiri. Apa manfaatnya? selain menambah ilmu, anda juga dapat menyesuaikannya dengan budget yang ada.

4. Software Grafis

4 Software Grafis

Jelas ini penting, bagaimana anda membuat sebuah desain jika tidak ada softwarenya? betul begitu? Install software/program pengolah grafis yang ingin anda kuasai, jangan terlalu berambisi lebih baik kuasai satu persatu. Setiap software memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, sebagai panduan silahkan baca Macam-macam program pengolah desain grafis.

5. Pen Tablet

5. Pen tablet

Sepandai apa anda menggunakan mouse untuk menggambar sebuah objek pada software grafis? Baiklah saya anggap anda kurang menguasainya, maka dari itu saya sarankan untuk membeli Pen Tablet. Masih tidak tahu apa itu pen tablet? silahkan baca Wikipedia : Tablet Grafis.

6. Camera DSLR

6. camera DSLR

Camera DSLR penting untuk anda yang berniat masuk kuliah jurusan DKV, Bagaimana jika anda tidak memiliki banyak uang untuk membelinya? Jawaban paling ampuh adalah pinjam teman. Namun, bagi seorang freelancer benda yang satu ini tidak begitu penting terkecuali jika ingin menjadi seorang Photographer, jangan lupa kuasai Adobe Photoshop.

7. Scanner

7. Scanner

Scarnner digunakan untuk menampilkan sketsa pada kertas yang telah dibuat sebelumnya, agar menjadi file gambar yang dapat anda edit dengan software grafis pada komputer.

8. Printer

8. Printer

Bagi anda seorang mahasiswa DKV, printer sangat dibutuhkan untuk mencetak makalah, sedangkan untuk seorang freelancer mungkin printer akan dibutuhkan untuk melihat contoh hasil desain saat dicetak terutama logo dalam warna hitam-putih.

9. Modem

9. Modem

Benda kecil ini akan membantu otak kanan memecahkan masalah, dengan koneksi internet anda dapat melihat ribuan bahkan jutaan refrensi untuk menumbuhkan inspirasi dalam membuat desain. 

Namun jika anda menggunakan Tethring Handphone, mungkin modem tidak termasuk dalam daftar peralatan yang harus anda miliki.

Demikian Peralatan yang harus anda miliki sebelum terjun didunia desain grafis, jika anda memiliki pertanyaan atau mempunyai tambahan peralatan yang tidak disebutkan silahkan berkomentar. Semoga bermanfaat.

Comments