Rahasia Membuat Desain Toko Online (Meningkatkan Penjualan)

Banyak cara agar produk toko online anda semakin terjual, seperti melakukan promosi besar besaran, memberikan discount, atau memberi harga yang relative lebih murah. Namun tidak itu saja, anda dapat menerapkan 3 Tips dari saya yang mungkin belum anda terapkan pada toko online anda. Tips berikut bersangkutan dengan desain tata letak dan beberapa desain lainnya. Apa saja tips tersebut? berikut penjelasannya.


Rahasia Membuat Desain Toko Online (Meningkatkan Penjualan)

Rahasia Membuat Desain Toko Online (Meningkatkan Penjualan)



1. Posisi Menentukan Pilihan

Pernahkah anda menemani pacar berbelanja, misalkan saja membeli sebuah tas. Jika pernah, saya rasa pacar anda akan meminta saran karena banyaknya barang yang dipajang.

Dia akan memilih beberapa tas sebagai item favorit, namun setelah beberapa jam menelusuri seluruh isi toko, pada akhirnya pacar anda membeli barang yang pertama dia pilih. Pernah mengalaminya?

Mungkin anda mengira pacar anda telah memilih barang dengan beberapa pertimbangan seperti harga, spesifikasi, dan sebagainya. Namun tidak, dia telah terpengaruh primarcy effect.

Apa itu Primarcy Effect? Primarcy Effect adalah kecenderungan seseorang untuk memilih barang/item pertama dalam beberapa pilihan yang disajikan.

Penerapan pada Toko Online anda, yaitu :

A. Letakan salah satu produk populer / promosi anda pada banner Header bagian atas dengan ukuran yang relative besar, Kenapa dibagian atas? karena bagian atas adalah bagian pertama yang akan dilihat pembeli sebelum bergulir kebawah.

Meletakan banner promo dibagian header


B. Letakan barang yang kurang laku dibagian pertama dalam beberapa pilihan, samping kiri sebelum barang lainnya. Kenapa disamping kiri? karena mata kita membaca dari bagian kiri ke kanan. Anggap saja ini "Re-lounching produk lama".

Meletakan barang dibagian kiri untuk mengingkatkan penjualan


2. Jangan terlalu banyak memberikan Pilihan


Tata letak barang yang membingungkan pembeli

Dari wanita diatas, mana yang anda pilih? Bingung? 

Beberapa orang dapat memilihnya dengan baik, namun sebagian lainnya merasa bingung karena beberapa alasan. Berikut adalah kemungkinan yang paling merugikan.

1. Saya pilih semuanya. Jika itu sebuah produk apakah anda akan membeli semuanya? Tidak mungkin! Bahkan orang yang memiliki banyak uang pun akan tetap memilih.

2. Saya pilih dua/tiga diantaranya. Jika itu sebuah produk dan budget yang anda miliki hanya dapat membeli salah satunya, Bagaimana? 

3. Saya tidak memilih, karena saya bingung. Jawaban dari pembeli yang paling merugikan apabila itu adalah produk yang anda jual.

"Kesimpulannya adalah pilihan yang terlalu banyak akan berakibat fatal pada penjualan anda, membuat pembeli merasa bingung dan memungkinkan pembeli mengurungkan niatnya untuk membeli".

Jangan salah sangka dulu, saya tidak menyuruh anda untuk mengurangi barang yang anda jual dari ratusan menjadi beberapa bagian saja. Namun kurangilah jenis produk dalam navigasi atau produk yang anda pajang dalam kategori "Populer" atau "Terbaru".

Pada Tahun 2000, Prof. Sheena Iyengar telah melakukan pengujian dengan membandingkan 24 Pilihan dan 6 Pilihan saja. Dengan mengurangi 24 Pilihan menjadi 6 pilihan, dia mendapatkan keuntungan 600% dari penjualannya. 

Penerapan pada Toko Online anda, yaitu :

A. Gunakanlah menu Drop-down untuk memberi sub-menu pada jenis produk anda, contohnya dalam sebuah produk Shoes (Heels, wedges, flats, Boots, Sandals).

membuat menu drop down pada toko online untuk mengingkatkan penjualan


B. Kurangi daftar produk Best Seller atau Produk terbaru, maksimal 6 Produk. Efek populer dan terbaru tidak akan berpengaruh lagi apabila anda memamerkan semuanya.

mengurangi banyaknya pilihan untuk meningkatkan penjualan

Gambar diatas saya ambil dari www.amazon.com dan apabila anda ingin melihat web toko online lain yang telah menerapkan cara diatas, anda dapat mengunjungi www.modcloth.com, www.blibli.com, dan masih banyak lagi.

3. Memberi Kepercayaan Pada Pembeli 

Kesehatan itu mahal harganya, sama halnya dengan kepercayaan. 90% Pembeli gagal bertransaksi dengan penjual karena keraguan (tidak adanya bukti yang profesional).

Apa saja yang harus dilakukan agar pembeli dapat dengan mudah mempercayai anda? Berikut penjelasannya.

A. Testimonial

membuat halaman testimonial

Buatlah halaman Khusus, ingat Khusus! yang mudah ditemukan oleh pembeli, yaitu halaman TESTIMONIAL. Foto, kalimat, dan identitas testimonial yang jelas adalah hal yang wajib anda buat pada toko online anda.

B. Identitas Diri (Owner)

membuat halaman about atau tentang kami


Sadar atau tidak pembeli akan mencari tahu siapa penjual yang ada dibalik toko online tersebut. Karena apa? karena tak kenal maka tak sayang, pembeli tidak akan mempercayai anda jika anda tidak memperkenalkan diri pada mereka. 

Maka dari itu tunjukan identitas asli anda, seperti nama, alamat lengkap, media sosial seperti facebook. twitter dan sebagainya, saya rasa sudah cukup. Anda dapat membuatnya pada halaman ABOUT sebagai OWNER.

C. Submit Nomer Resi Pengiriman

membuat halaman submit nomer resi pada toko online


Pada kenyataannya Toko Online tidak bisa jauh dari pengiriman barang, buatlah halaman untuk submit nomer resi pengiriman atau setidaknya terdapat link yang menuju Perusahaan pengiriman barang yang anda gunakan, misalnya POS Indonesia, JNE, atau Tiki agar anda dapat dengan mudah membuktikan barang yang telah anda kirim.

Contoh kalimat "Barang yang anda beli telah kami kirim, berikut nomer resinya 00002837549236 silahkan cek dengan cara submit nomer resi tesebut pada halaman "POS indonesia".

Bukankah dengan begitu pembeli akan merasa lebih tenang? 

Demikian tips yang dapat saya berikan, beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam mendesain Web Toko Online anda. Semoga bermanfaat.

Comments

Post a comment

Apa yang anda pikirkan setelah membaca konten diatas? jika ingin menautkan link blog, ganti tanda (.) menjadi tanda (,) Thanks