Feature Blog Yang Harus Dibuat Untuk Kepentingan Blog Anda

Pada dasarnya membuat sebuah blog memanglah mudah, bahkan banyak beribu-ribu tutorial cara membuatnya saat anda mencarinya di mesin pencari seperti Google. Namun apakah blog yang telah anda buat sudah mempermudah para pengunjung untuk membaca artikel yang tertulis dari A-Z? Nah, disinilah PR yang harus anda kerjakan. Apa sajasih feature pada blog yang wajib diperhatikan untuk dibuat? Berikut penjelasannya.

Feature Blog Yang Harus Dibuat Untuk Kepentingan Blog Anda

Feature Blog Yang Harus Dibuat Untuk Kepentingan Blog Anda

1. Logo (Header dan Favicon)

Kenapa harus membuat logo? karena logo melambangkan isi dari blog anda, selain judul yang tertera pada header. Menggunakan logo, blog anda juga akan terlihat lebih profesional walaupun tidak mutlak. Jika tidak bisa membuat logo, manfaatkan saja website untuk membuat logo online gratis, misalnya Logaster, Logosnap, dan masih banyak lagi.

2. Widget Posting Populer

Posting populer sangatlah penting, setiap orang akan penasaran dengan apa yang dibaca oleh orang lain selagi judul yang anda tulis menarik. Hal ini juga akan berdampak pada peningkatan Pageview perharinya. Anda dapat dengan mudah membuatnya lewat widget yang telah disediakan blogspot.

3. Widget Posting Terbaru

Pengunjung ingin tahu info up to date lainnya dari artikel yang selesai dibaca, maka dari itu widget posting terbaru juga layak dikatakan penting. Anggap saja pengunjung yang datang diblog anda adalah pengunjung tetap yang selesai membaca semua artikel diblog anda, maka widget posting terbaru akan sangat bermanfaat karena pengunjung tanpa berfikir panjang akan menuju link topik terhangat yang baru saja anda tulis.

4. Search-Box

Kalau yang satu ini jangan ditanya, bentuk yang kecil namun sangat berguna. Perlu anda ketahui, tidak semua pengunjung mau membaca artikel yang tertulis pada blog anda, ada beberapa bahkan banyak pengunjung yang hanya mencari artikel yang dia butuhkan. Maka dari itu buatlah search-box untuk mempermudah pengunjung mencari apa yang dia butuhkan.


5. Artikel Terkait

Sekarang artikel terkait yang kita bahas, dengan adanya feature artikel terkait dibawah artikel anda, pengunjung dengan mudah mencari bacaan yang satu pembahasan dengan artikel yang selesai dibaca. Jangan remehkan artikel terkait, bahkan ketika saya mengunjungi blog seseorang seringkali artikel terkait membuat saya betah berlama-lama diblog tersebut karena topik yang sedang saya cari ternyata masih banyak.

6. Label/Kategori (Navigasi)

Widget ini juga harus anda gunakan, agar mempermudah pengunjung mencari topik yang sedang dicari lewat label/kategori. Apabila widget tersebut membuat tampilan blog kurang sedap dipandang, anda dapat memanfaatkan menu navigasi sebagai label/kategori seperti blog teoridesain.


7. Kotak Berlangganan

"Berlangganan Via Email" pasti anda sering membacanya diblog-blog yang biasa anda kunjungi. Yah, kotak berlangganan akan mempermudah pembaca meng-update artikel terbaru anda lewat email dimanapun dan kapanpun anda selesai menulis artikel terbaru.

8. Warna Blog

Setiap warna memiliki makna dan rasa yang berbeda-beda, untuk itu saya rekomendasikan anda agar menggunakan warna blog sesuai niche yang dibahas. Misalkan blog anda membahas kesehatan atau obat-obatan tradisional, maka gunakanlah kombinasi warna putih dan hijau agar selaras. Putih melambangkan kesehatan, besih dan sebagainya, hijau melambangkan tumbuh-tumbuhan atau obat obatan tradisional. Sebagai pedoman, silahkan baca Psikologi warna pada sebuah desain.

9. Media Sosial

Media sosial, misalkan facebook fanspage. Bagian ini sangat membantu pengunjung sharing ditempat lain, hal ini juga akan menaikan kepopuleran blog anda, semakin banyak fans atau pembaca yang bergabung maka semakin baik. Gunakan juga twitterfeed untuk memposting artikel terbaru pada facebook fanspage setiap kali anda mem-pubish artikel.

10. Daftas Isi

Bagaimana sih cara membuat daftar isi pada blog? Anda dapat membuatnya pada laman dan mencari tutorialnya pada mesin pencari seperti Google. Akan sangat-sangat banyak dan bermacam-macam gaya desain yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan.

11. Share Button

Cara terbaik membuat share button adalah letakan dibagian bawah artikel, setelah pengunjung selesai membaca dan baginya "sangat mengesankan" yakinlah artikel anda akan dishare. Bukankah itu menguntukan, anda akan mendapatkan pengunjung-pengunjung baru dengan feature ini.

12. Kotak Komentar

Selain memberi kesempatan para pembaca untuk menuliskan opininya, atau memberikan kritik dan saran setelah membaca artikel, komentar juga mempengaruhi kualitas SEO blog anda. Maka dari itu jangan hilangkan kotak komentar .

13. About, Privacy, Terms, dll.

Sebenarnya bagian About, Privacy, Contact dll tidak wajib anda buat, namun banyak dari kalangan blogger ingin websitenya menjadi sahabat Google Adsense. Nah, salah satu syarat yang harus dibuat adalah bagian-bagian tersebut, anda dapat membuatnya pada laman dan mendapatkan salinan Privacy, Disclaimer, Terms di Privacy Policy Online.

Demikian feature blog yang harus dibuat untuk kepentingan dan untuk kemudahan para pembaca/pengunjung menggunakan blog anda. Hal lain yang harus diperhatikan adalah artikel yang unik, dan desain blog (template) meliputi SEO, kecepatan loading, struktur data dan lain-lain. Sebagai pedoman, anda dapat mengunjungi beberapa tool yang telah saya sediakan untuk mengetahui kinerja blog anda di Web Tool Performance. Semoga bermanfaat.


Comments