Beberapa Mitos Blogging Yang Kurang Benar

Simpang siur pembahasan tentang pengoptimalan sebuah blog memang tidak ada habisnya, jika anda membaca dibeberapa situs mungkin akan berbeda karena setiap orang memiliki pengalamannya masing-masing dalam mengelola blognya. Seperti halnya kehidupan bersosial, setiap orang mempunyai caranya sendiri dalam mencari teman atau mendapatkan kekasih.
Beberapa Mitos Blogging Yang Kurang Benar
Kemudian datang blogger-blogger pemula yang menerapkan beberapa pedoman yang bahwasannya kurang benar, perlu digaris bawahi kurang benar berarti tidak sepenuhnya salah. Opini-opini tersebut yang saya kumpulkan, sekarang ini menjadi mitos yang kuat dimana para blogger mulai memberi nilai seratus. Apa saja mitos tersebut, mari kita simak.

Beberapa Mitos Blogging Yang Kurang Benar


1. Konten Adalah Raja

Baiklah, untuk mengawalinya mari kita bahas seputar konten. Sudah bukan rahasia lagi jika konten pada blog kita merupakan salah satu faktor penunjang kesuksesan blog. Namun perlu anda sadari, disamping konten ada juga desain blog. Tanpa desain blog yang membantu, konten anda tidak dapat dikatakan raja walau berkualitas dan original.

Sebagai contoh jika blog anda memiliki loading ya lambat, saya rasa pengunjungpun enggan menunggunya "Rekomendasi : Pink Steady Blogger Template , CTR Booster Blogger Template" , atau misalkan jika terlalu banyak iklan diblog terutama pop-up, saya yakin pengunjung akan merasa terganggu, apalagi jika iklan sampai menutupi konten dan sulit dihilangkan.

2. Backlink No Follow Nilainya Nol 

Pemahaman ini harus segera ditepis, memang link dofollow lebih baik ketimbang link nofollow. Namun beberapa faktor juga harus diperhatikan dalam mencari backlink, seperti misalnya backlink dari blog yang memiliki satu niche akan lebih disukai Google. Jadi jangan salah, link No Follow pun sangat berharga dimata Google jika itu terlihat narutal.

3. Harus Terus Melakukan Blogwalking

Memang, saya tidak menyalahkan opini tersebut karena selain menambah jaringan, blogwalking juga bermanfaat untuk memperkenalkan blog kita. Namun, semua ada ataurannya! Tidak sedikit blogger pemula yang melakukan blogwalking menjadi blogspam. Mereka datang dan berkomentar bertubi-tubi meletakan linknya, bertebaran di blog-blog orang lain dan media lainnya. Hat-hati dalam melakukannya, jangan sampai niat mempopulerkan blog anda malah berdampak negatif karena blogwalking terlalu sering, bisa bisa dianggap spam.


4. Wajib Menulis Artikel Setiap Hari

Pada point ke empat, jujur saya juga melakukannya agar katanya blog kita terlihat aktif di mata Google. Namun, hal tersebut tidaklah harus dilakukan jika anda sibuk dengan pekerjaan didunia nyata, tulislah saja satu artikel setiap minggu. Hal tersebut sudah lebih dari cukup agar blog kita terlihat aktif dimata Google.


5. Mudahnya Mencari Uang Lewat Blog

Banyak dari para blogger yang mengadaptasi kalimat tersebut dan ketika terjun didunia blogging, mereka putus asa. Harus anda ketahui, mencari uang lewat blog tidaklah mudah. Anda harus konsisten dan terus berusaha, semuanya membutuhkan proses. Jika mental anda tidak bisa menerima kegagalan-kegagalan yang terjadi pada blog anda, bersiaplah untuk berhenti ditengah jalan. Sebagai pedoman cobalah gunakan prinsip "Pembaca adalah raja, penghasilan hanyalah bonus".


6. Pagerank Sangatlah Penting

Jika ingin terus mengejar Pagerank tidak ada salahnya, karena sah sah saja. Namun Google sudah menjelaskan bahwa Pagerank sudalah mati. Artikel kompetitor yang berpagerank tinggi bukan jaminan jika artikel mereka akan terus dihalaman pertama. Banyak dari artikel saya yang berada di halaman pertama dan menenggelamkan artikel situs berpagerank tinggi. Fokuslah menulis untuk kebahagiaan para pembaca dan berhenti memikirkan Pagerank.

7. Blogging Harus Memiliki Skill Menulis

Ketika seorang berhenti membuat blog karena tidak percaya dengan kemampuan menulisnya, maka mereka tidaklah salah karena banyak kalimat Blogging harus memiliki skill menulis disitus-situs besar saat mereka mencari refrensi. Menurut saya, itu kurang benar karena saya sendiri pada awalnya tidak trampil dalam membuat artikel, seiring berjalannya waktu saya mulai memahami bagaimana menulis artikel yang baik. Jadi, blogger adalah tempat kita belajar menulis dan tidak harus memiliki skill menulis.

Nah itulah beberapa mitos seputar blogging yang harus sobat ketahui. Bagaimanapun, semua yang tertulis diatas tidaklah salah, tetapi hanya kurang benar. Semoga sobat dapat memahaminya dan menjadi ilmu yang bermanfaat.

Comments