Cara Menentukan Niche Atau Topik Terbaik Untuk Blog

Niche atau topik yang sesuai akan membantu anda dalam mengelola blog terutama keberhasilan blog tersebut dalam jangka waktu yang panjang. Mengapa demikian? karena dengan nihce yang tepat, anda tidak akan kesulitan dalam membuat artikel dan memberi target yang tepat pada blog itu sendiri, sehingga prospek kedepannya akan lebih terjamin, terutama dalam hal pembaca dan penghasilan.

Cara Menentukan Niche Atau Topik Terbaik Untuk Blog

Namun untuk menentukan niche apa yang akan dipilih bukanlah perkara mudah, sebaiknya memang harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk memilih topik tersebut. Bagi anda yang masih bingung menentukan niche, gunakan berapa cara berikut ini.

Cara Menentukan Niche Atau Topik Terbaik Untuk Blog


1. Apakah minat dan bakat yang anda miliki?

Pertanyaan pertama yang harus anda jawab, dengan memilih minat dan bakat dalam menulis, saya yakin prospek blog kedepannya akan lebih terarah. Anda akan dengan mudah menulis artikel, tidak kesulitan dalam menjawab pertanyaan para pembaca, dan pengunjungpun tertarget. Selain itu, anda juga telah memperkenalkan pada khalayak ramai jika anda memiliki bakat dan minat tersebut. Bukan tidak mungkin jika suatu hari akan ada tawaran pekerjaan dari seseorang.

2. Apakah topik yang anda bahas populer dikalangan masyarakat?

Kepopuleran akan sangat mempengaruhi trafik dan keramaian blog anda. Semakin populer apa yang anda tulis, maka semakin banyak orang yang akan membacanya. Semakin ramai blog anda maka akan semakin cepat kemajuan blog anda terutama dalam hal penghasilan. Anda dapat membuka jasa iklan mandiri jika suatu hari gagal menjadi publisher layanan iklan PCC dengan mengandalkan lalu lintas website yang ramai.

3. Apakah topik  yang anda bahas berkembang dan tidak musiman?

Tidak semua kepopuleran bersifat langgeng, misalkan anda menulis niche berita terbaru. Mau tidak mau anda harus terus mengupdate artikel karena kepopuleran tersebut hanya bersifat instan atau dengan kata lain musiman. Maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut, pilihlah topik yang terus berkembang atau tidak musiman , misalkan topik tutorial yang salah satu judulnya adalah "cara membuat gmail". Ketahuilah, membuat gmail dari dulu sampai sekarang caranya sama saja. Hal ini akan membuat artikel anda bertahan untuk jangka waktu yang lama.

4. Bagaimana persaingan antar blogger dengan niche tersebut?

Seperti layaknya bisnis, seorang blogger juga harus pandai menganalisa tinggi dan rendahnya persaingan niche. Anggap saja topik yang akan anda tulis adalah barang yang anda jual, jika persaingan pasar terasa berat, mungkin niche lain dapat anda pilih sebagai alternatif. Tetapi bukan berarti anda harus pergi dari poin kedua, kepopuleran tetaplah salah satu faktor keberhasilan blog anda.


5. Apakah niche tersebut memiliki harga yang mahal?

Yah ini yang sering sekali diperbicangkan oleh blogger yang memang sengaja membuat blog untuk mendapatkan penghasilan sampingan melalui Adsense. Perlu anda ketahui, setiap niche atau artikel yang anda tulis memiliki harga yang berbeda-beda. Anda dapat mengetahuinya dengan Google Adwords (Keyword Planner), saya akan mencoba menuliskannya pada artikel selanjutnya.

Nah sekarang anda sudah menjawab beberapa pertanyaan yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk menentukan niche atau topik. Setelah anda menentukannnya, cobalah memberi nama yang relevan untuk domain blog anda, semoga bermanfaat.

Comments