Peran Desain Maskot Untuk Kepentingan Sebuah Brand

Maskot adalah sebuah desain karakter yang digunakan untuk memperkuat dan mempermudah seseorang mengingat brand atau sebuah produk. Maskot sering kali digunakan untuk memeriahkan suasana dalam event atau acara-acara yang dibuat dalam rangka mempromosikan dan mempersentasikan produk komersial. Jelas berbeda dengan logo yang hanya digunakan untuk mewakili nama brand anda dalam bentuk simbol, maskot lebih hidup dan harus berkarakter.

Peran Desain Maskot Untuk Kepentingan Sebuah Brand
Bentuk dan Karakter Maskot Piala Dunia dari 1966-2014

Beberapa desain maskot bahkan sering kali lebih dikenal ketimbang perusahaan itu sendiri, disinilah letak kekuatannya. Banyak perusahaan yang telah sukses dan berhasil membuat desain maskot melekat pada ingatan konsumennya bahkan semua orang, misalkan saja MCDonald "Ketika saya melihat seorang badut berbaju kuning, seketika saya mengingat produk MCDonald". Lalu, seberapa pentingkah peran maskot untuk kepentingan sebuah brand?


Peran Desain Maskot Untuk Kepentingan Sebuah Brand


1. Maskot Mencerminkan Kepribadian Merek Atau Identitas Produk


Penggunakan maskot sekarang ini semakin luas, bahkan dalam bidang olah raga seperti Piala Dunia atau Olimpiade besar sudah menggunakan maskot, merchandise pun terbilang laku dijual dipasaran.

Kehadiran maskot bukan hanya sekedar simbol, namun juga harus diperkuat dari segi promosi dan branding. Meletakannya disetiap promosi iklan ataupun media lainnya, dengan begitu masyarakat luas dengan mudah mengenal dan memahami kepribadian merek atau identitas produk anda lewat maskot.

2. Maskot Mempermudah Seseorang Mengingat Produk


Seperti kalimat sebelumnya "Beberapa desain maskot bahkan sering kali lebih dikenal ketimbang perusahaan itu sendiri".  Apakah itu merugikan? Jelas tidak, setelah seseorang melihat maskot anda maka dengan sendirinya mereka akan mengingat perusahaan anda, ini jelas sebuah keuntungan.

Pengaruh maskot dalam sebuah ingatan adalah positif, dengan menyebut bentuk dan karakter maskot seseorang dapat dengan mudah menyebut nama perusahaan anda atau sebaliknya "Apabila konsumen lupa nama produk anda, mereka dapat menyebutkan bentuk dan karakter maskot anda".

3. Maskot Mempengaruhi Seseorang Untuk Mencoba Produk 


Mungkin beberapa orang menganggap bahwa desain maskot itu sepele, namun setelah saya perhatikan "Beberapa orang terpengaruh untuk mencoba sebuah produk hanya karena maskot". 

Maskot adalah sesuatu yang penting, buatlah sesederhana dan se-cacthy mungkin. Sehingga ketika seorang berkata pada temannya "Eh kamu sudah pernah beli ABCD belum?" Mereka menjawab "Oh, yang gambarnya itu ya? belum sih, pengen coba beli jadinya"

Jika disteruskan, dialog tersebut akan memperbincangkan produk anda, Apa? Bagaimana? dan Dimana mereka dapat membelinya.


4. Maksot Mempromosikan Produk Lewat Konsumen


Ketika event atau acara-acara produk komersil berlangsung, maskot adalah salah satu tokoh utama kegiatan tersebut dalam bentuk badut/boneka. Kenapa demikian? Karena tidak sedikit konsumen yang datang lalu berfoto dengan maskot anda. Hasil foto yang mereka dapatkan akan terpampang dimedia sosial mereka, Facebook, Twitter, Instagram, Path dan sebagainya.

Berapa konsumen yang berfoto dengan maskot anda? berapa jumlah teman mereka dalam media sosial? berapa orang yang melihat foto konsumen bersama maskot anda dalam media sosial? ini jelas menguntungkan, maksot telah mempromosikan produk anda lewat konsumen.

5. Maskot Mempromosikan Produk Lewat Merchandise


Tidak sedikit konsumen yang menolak menggunakan merchandise bergambar atau dengan desain logo produk anda. Mengapa demikian? kebanyakan orang beralasan (salah satunya) "Nanti kalau saya gunakan baju itu, saya dikira sales lagi" ini jelas bukan kesalahan konsumen, walapun anda telah berbaik hati memberikan merch secara gratis. 

Namun, setelah saya perhatikan banyak konsumen atau masyarakat yang bahkan tidak tahu produk itu sendiri menggunakan kaos bergambar desain maskot produk terkait. Bahkan ketika konsumen lebih menyukai atau mencintai maskot daripada produk itu sendiri, mereka rela merogeh kocek untuk membelinya.

Demikian peran desain maskot untuk kepentingan sebuah brand, perlu kematangan dan filosofi yang tepat untuk membuatnya agar tidak keluar dari tujuan produk sebenarnya. Apakah anda berniat membuat sebuah maskot untuk produk anda? Jangan banyak berfikir, rancang dan cobalah membuatnya sekarang juga. Semoga bermanfaat.

Comments