Solusi Menghilangkan Rasa Malas Menulis Artikel

Malas adalah sebuah penyakit, setiap orang pasti memilikinya. Namun tidak semua orang dapat mengobatinya. Malas sendiri memiliki banyak kategori, seperti malas belajar, malas menulis, malas sekolah, malas bekerja dan malas malas lainnya. Apabila seorang blogger mulai malas menulis artikel, maka situs yang dikelolanya akan mulai tenggelam dan yang paling parah pembaca pergi karena situs yang selalu mereka kunjungi seakan telah mati.

Solusi Menghilangkan Rasa Malas Menulis Artikel

Ada banyak mengapa seseorang mulai malas menulis, misalnya sibuk karena bekerja, pengunjung tidak pernah bertambah, memang sedang tidak mood, dan sebagainya. Nah sebagai sesama blogger, saya akan membagikan tips menghilangkan rasa malas saat menulis artikel, berikut penjelasannya.

Solusi Menghilangkan Rasa Malas Menulis Artikel 


1. Melawan Rasa Malas Tersebut

Saya salah satu.orang yang memiliki rasa malas, tetapi selalu mencoba menulis setidaknya satu artikel setiap hari. Mengapa saya dapat melakukannya? Karena saya melawan rasa malas itu sendiri, apasih susahnya menggerakan badan kita, anda hanya harus duduk, mencari refrensi, lalu menulisnya, dibaca ulang, sempurna, publish, selesai. Hanya seperti itu? Yah, hanya seperti itu.

2. Jangan Terlalu Serius Saat Menulis

Sesuatu yang terlalu itu tidak menarik dan sangat membosankan. Cobalah ingat saat anda sekolah, guru serius mana yang anda idolakan? yang ada malah anda selalu malas mendengarkannya dan tegang saat pelajaran, berdoa agar jam pelajaran cepat berakhir, benar atau tidak?

Ketika saya semangat, saya dapat menyelesaikan satu artikel dalam satu jam. Namun ketika saya malas, saya bisa menghabiskan 2-6jam untuk menulis satu artikel, anda hanya harus terus menuliskannya sedikit demi sedikit, sambil bercanda dengan keluarga atau teman, mendengarkan lagu, chat dengan pacar, melihat video di youtube, dan sebagainya. Enjoy, gak usah tegang!

3. Siapkan Satu Materi Untuk Hari-Hari Berikutnya

Boros dalam menulis artikel juga tidak baik. Ketika anda menemukan banyak materi untuk ditulis, jangan terus ditulis semuanya. Jangan sampai anda kehabisan materi dan bingung, hal ini bisa membuat anda malas ke esokan harinya. Sisakan beberapa materi untuk besok, besoknya lagi, dan hari-hari seterusnya. Karena menurut saya, lebih baik menulis satu artikel sehari namun rutin, daripada menulis tiga artikel sekaligus namun besoknya tidak menulis.

4. Silahkan Istirahat Terlebih Dahulu

Salah satu alasan orang malas menulis adalah lelah karena pekerjaan sehari-hari, tidak dipungkiri jika banyak blogger yang bekerja siang malam didunia nyata. Maka dari itu jika masalah datang dari hal tersebut, tidak ada solusi lainnya kecuali beristirahat terlebih dahulu. Cari waktu yang pas untuk menulis, lalu kembali lagi ketahap awal "lawan rasa malas tersebut". Anda lebih tahu, kapan waktu yang pas untuk menulis.

5. Persiapkah Teman Menulis (Cemilan)

Nah kalau yang satu ini jangan dilewatkan, siapkan cemilan jika diperlukan. Sambil nyemil sambil menulis, biasanya hal ini juga sangat mempengaruhi mood anda agar saat menulis tidak terasa hambar dan membosankan.

6. Sering Mengingat Cita-Cita Awal Saat Ngeblog

Apa yang anda cita-citakan saat memulai ngeblog? Apa agar anda dikenal sebagai ahli sesuai niche yang ditulis, atau mungkin ingin menjadi publisher adsense agar berpenghasilan puluhan juta perbulan. Banyak kemungkinan, saya tidak bisa menuliskan satu persatu, anda yang lebih mengetahuinya. Sering mengingat cita-cita awal saat anda ngeblog juga akan mempengaruhi mood, hal tersebut dapat menumbuhkan motivasi.


7. Baca Kalimat Dibawah Ini, Renungkan!

A. Sudah Berapa lama waktu yang anda habiskan untuk ngeblog? 
"Sangat disayangkan jika waktu yang anda gunakan untuk ngeblog dihari-hari yang lalu sia-sia karena sekarang anda malas menulis. Padahal sudah setengah perjalanan, jangan sampai malas menulis menjadi penyakit yang membuat blog anda tenggelam. Ingat, banyak pesaing lainnya yang membuat niche sama dengan blog anda."

B. Apakah anda sudah mendapatkan penghasilan dari blog? 
"Anda berharap mendapatkan gaji, namun anda malas bekerja. Tidak mungkin! Menulis sama dengan bekerja jika anda mencoba mendapatkan penghasilan dari blog. Teruslah menulis artikel yang unik dan original, maka pendapatan anda semakin banyak"

C. Apakah anda tidak takut kehilangan pengunjung setia?
"Malas menulis sama dengan pengujung pergi, karena tidak ada yang baru diblog anda. Tidak ada yang ditunggu dari blog anda, tidak ada yang bisa dibaca lagi dari blog anda. Semakin banyak pembaca yang pergi, semakin sepi blog anda. Jangan sampai anda memulainya dari awal"

Percayalah anda bisa melakukannya, teruslah berkarya lewat tulisan. SemangArt!

Demikian cara menghilangkan rasa malas menulis menurut saya sendiri, bagaimana saya mencoba terus menulis setidaknya satu artikel sehari. Jika sobat memiliki tips lainnya, ayo share pada kolom komentar. Jangan lupa subscribe, saya akan menulis tips-tips lainnya yang pastinya sangat bermanfaat.

Comments

  1. Awalnya aku mau stop ngeblog, eh baca artikelnya ini terutama yg poin ke 7 jadi semangat lagi.. hii makasih ka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih ngeri yah efeknya hehe.. sama sama mbak

      Delete
  2. Artikel yang saya cari selama ini... Trima Kasih Banyak Om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih mastah jamulia disini juga hehe.. sama sama mas

      Delete

Post a Comment

Apa yang anda pikirkan setelah membaca konten diatas? jika ingin menautkan link blog, ganti tanda (.) menjadi tanda (,) Thanks