Peran Konsep, Skesta, Dan Eksekusi Dalam Desain

Saya rasa anda pernah mendengar istilah konsep, sketsa dan eksekusi dalam dunia desain, hal ini sangat erat kaitannya dengan cara seorang desainer membuat sebuah keputusan visual yang nantinya menjadi sebuah karya. Bukan hanya mengusai softwarenya saja, desain grafis merupakan sebuah bidang yang memaksa seseorang untuk berfikir kreatif dalam mengembangkan ide-idenya.

Peran Konsep, Skesta, Dan Eksekusi Dalam Desain


Penjelasan Konsep


Peran konsep dalam desain grafis
Ilustrasi by Jimmy Balia

Apakah yang dimaksud dengan konsep desain?

Konsep desain adalah sebuah rencana yang tercipta dari ide atau bayangan abstrak yang timbul dari pikiran-pikiran kreatif seseorang, kosep desain sendiri dapat dikatakan menjadi sebuah panduan dalam melangkah dan mengambil keputusan. 

Mengapa desainer grafis membutuhkan konsep?

Desain grafis memiliki tujuan utama yaitu memberikan pesan dan kesan dalam bentuk visual, maka dari itu konsep sangat dibutuhkan sebelum seorang desainer memutuskan rancangan desain yang akan dibuat. 

Setiap orang memiliki caranya sendiri dalam berfikir kreatif, namun pada dasarnya membuat sebuah konsep yang cemerlang membutuhkan pemahaman dan pengetahuan yang luas. Salah satu hal yang sangat berpengaruh saat membuat konsep adalah refrensi.

Penjelasan Sketsa


Peran sketsa dalam desain grafis
Sketch Logo by Luke Etheridge

Apakah yang dimaksud dengan sketsa desain?

Sketsa desain adalah langkah awal memvisualisasikan sebuah konsep, dibuat kasar dan hanya digunakan sebagai kerangka. Biasanya dibuat pada sebuah kertas dengan pensil yang memiliki ketebalan yang tipis, nantinya gambaran tersebut akan diolah menjadi sebuah karya menggunakan beberapa software.

Mengapa desainer grafis membutuhkan sketsa?

Sketsa digunakan untuk memberi gambaran kecil dari konsep yang telah dibuat, mempermudah seorang desainer melihat tahap akhir dan mengurangi kesalahan saat melakukan tahap eksekusi. 

Penjelasan Ekseskusi


Peran eksekusi dalam desain grafis
Logo Design by Ahsan Majeed (Adobe Illustrator)

Apakah yang dimaksud dengan eksekusi desain?

Eksekusi desain adalah tahap akhir dari pembuatan sebuah desain, dimana seorang desainer mulai memvisualisasikan sketsa yang telah dibuat. Perlu anda ketahui, hasil karya desain dipengaruhi dari beberapa faktor, bukan hanya soal menguasai software yang bersangkutan misalnya, selera, nilai estesis, dan pengetahuan yang luas mengenai jenis desain yang sedang dibuat.  

Kesimpulan Artikel 


Sebuah konsep yang cemerlang tidak akan dapat di eksekusi dengan baik tanpa adanya sketsa, atau seorang desainer tidak akan dapat mengeksekusi apapun apabila belum adanya konsep, dan sebaliknya. Dengan kata lain, ketiganya saling mendukung satu sama lain dalam mengoptimalkan pesan dan bentuk visual sebuah desain, semoga bermanfaat.

Comments