Solusi Ampuh Saat Kehabisan Ide Menulis Artikel

Saya rasa setiap orang pernah kehabisan ide, tidak terkecuali seorang blogger dalam menulis artikel. Saya sendiri bukan pernah saja, bahkan sering merasakannya. Biasanya hal ini disebabkan oleh banyaknya masalah yang anda pikirkan, atau anda baru didunia blogging, dan paling utama adalah sudah banyak artikel yang anda tulis, sampai sampai bingung mau menulis apa lagi.
Solusi Ampuh Saat Kehabisan Ide Menulis Artikel

Hal ini merupakan masalah yang biasa dihadapi oleh penulis blog, karena sebagai seorang penulis kita dituntut untuk terus memiliki ide yang dapat dituangkan menjadi artikel dan menyajikan bacaan terbaik agar pembaca betah dan merasa terbantu. Berikut adalah solusi ampuh saat anda kehabisan ide menulis artikel blog.

Solusi Ampuh Saat Kehabisan Ide Menulis Artikel


1. Tidak menulis artikel

Hal pertama yang biasa saya lakukan adalah tidak menulis artikel pada hari ini, saya tidak ingin dipusingkan dengan hal-hal seperti itu, galau dan sebagainya. Anda juga dapat melakukan kegiatan diluar rumah, nikmati saja. 

Namun anda harus memiliki strategi dalam menanganinya, jangan sampai hal ini berlanjut menjadi kebiasaan. Blog anda yang akan menjadi korbannya, misalnya pembaca mulai pergi karena tidak ada artikel baru dalam waktu yang cukup lama dan sebagainya. Maka dari itu gunakan waktu dengan bijak, sisakan waktu untuk mencari materi yang akan ditulis esok hari.

2. Membaca artikel sahabat blogger

Blogwalking yuk, bosen dirumah nih! Baiklah, cara ini sudah banyak digunakan oleh para blogger. Anda dapat mengujungi beberapa blog favorit atau blog yang memiliki topik yang sama dengan blog anda. Bacalah beberapa artikel, dapatkan beberapa point penting. Mungkin anda dapat menulis artikel yang sama namun lebih lengkap atau lebih jelas? Maka tulislah ulang dengan kalimat anda sendiri, ingat bukan copy-paste!

3. Menulis request dari pembaca 

Bersyukurlah jika seorang atau bahkan banyak pembaca memnita request artikel, karena dengan begitu anda tidak perlu lagi mencari ide. Anda dapat menjawab request mereka dan mulai menulis. Selain menambah ide, menulis request dari pembaca dapat mempererat tali persaudaraan antara pengujung dan pemilik blog.

4. Membaca komentar pada blog anda

Mungkin ada "sesuatu" yang dapat dijadikan ide pada kolom komentar, misalkan seorang pembaca yang menulis pertanyaan dan telah anda jawab dengan singkat. Jika pertanyaan itu dapat dikembangkan, kenapa tidak? Tulislah menjadi pembahasan yang lebih terperinci pada sebuah artikel, anda dapat mencari refrensi untuk melengkapinya.

5. Melihat gambar untuk inspirasi

Anda dapat membuka Google Image dan menuliskan kata kunci acak yang sesuai dengan topik blog anda. Akan ada banyak gambar disana, lihatlah satu persatu mungkin salah satu gambar yang anda lihat dapat membangkitkan inspirasi dan menumbuhkan ide menulis artikel blog.

6. Mencari kalimat pertanyaan

Nah cara ini juga sering saya lakukan, hanya dengan mencari kalimat pertanyaan, anda dapat menuliskannya pada Google dan melakukan blogwalking (Kembali ke No. 2), sebagai contoh begini...

Setelah anda mendapatkan kalimat pertanyaan misalnya "Siapasih yang membuat blogger?" tulis saja kalimat tersebut pada Google, maka anda akan mendapatkan banyak refrensi, baca satu persatu lalu tuliskan ulang dengan judul yang unik dan berbeda. 

7. Trending topic di media sosial

Lagi-lagi media sosial, yah disini anda dapat dengan mudah berinteraksi dengan banyak orang bahkan dari jarak yang sangat jauh. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengikuti group yang berhubungan dengan topik blog yang anda miliki. Cobalah aktif pada group tersebut, berita apa yang sedang ramai diperbincangkan, simak baik-baik dan tuliskan menjadi sebuah artikel.

Demikian beberapa solusi untuk menambah ide dalam menulis artikel blog, sebagai seorang blogger kita harus konsisten dalam menulis agar blog kita semakin dikenal oleh banyak orang, semoga bemanfaat.

Comments