Cara Membuat Judul Artikel Yang Menarik Pengunjung

Judul artikel adalah tokoh utama yang membuat pengujung tertarik dan mulai membuka konten yang anda miliki, pada prinsipnya penggunaan keyword dalam judul adalah langkah yang baik. Selain itu, kata kunci yang sering dituliskan pada mesin pencari, membuat artikel dapat duduk tenang diposisi terbaik.

Perlu anda ketahui. sebaik apapun anda menulis jika judulnya tidak menarik, pengujungpun enggan membukanya. Anggap saja kita mencari kekasih, apa yang kita lihat terlebih dahulu? Yah, jawabannya adalah fisik. Kita anggap fisik adalah judul artikel. Setelah tertarik dengan fisiknya, kita dengan sendirinya akan mendekat dan mencoba mengenalnya (membaca artikel). Jadi luangkanlah waktu anda 2-5 menit untuk membuat judul artikel.
Cara Membuat Judul Blog Yang Menarik Banyak Pengujung


Cara Membuat Judul Artikel Yang Menarik Banyak Pengujung


Bagi seorang blogger, kita harus memprhatikan salah satu komponen penting pada konten terutama judul artikel. Ada beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan dalam membuatnya, yaitu :

1. Jangan menggunakan tanda (.) diakhir judul

ý Cara membuat judul artikel yang membuat orang penasaran.
þ Cara membuat judul artikel yang membuat orang penasaran

2. Menggunakan tanda (?) jika judul artikel adalah pertanyaan

ý Apa yang dimaksud dengan cinta
þ Apa yang dimaksud dengan cinta?

3. Jangan menggunakan kata yang memiliki kesamaan arti (sinonim)

ý Teori Desain adalah merupakan blog desain grafis terbaik
þ Teori Desain adalah blog desain grafis terbaik

4. Membuat judul yang tidak logis (Mengada-ngada)

Membuat judul yang mengada-ngada memang menarik pengujung, tetapi jika konten yang anda tuliskan tidak ada bukti yang nyata, maka pengujung akan melihat blog anda sebagai blog hoax yang tidak bermutu.

5. Sebaiknya judul tidak melebihi 60 Karakter huruf/angka

Panjang judul untuk Google memiliki batas 60 karakter, akan lebih baik jika anda mulai memperhatikannya.

Setelah anda mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan, sekarang kita akan mempelajari Bagaimana rumusan yang baik dalam membuat judul artikel.

Rumus Dasar Membuat Judul Artikel 


 PEMBUKA - TARGET - FOKUS - TAMBAHAN 

Pembuka adalah penjelasan kata untuk membuka masalah, Apakah artikel yang anda tulis untuk membuat, menambah, memberi, penjelasan, pengertian dan lainnya. Misalnya kata tanya (Apa yang dimaksud, Bagaimana cara, dll), cara menambah, tutorial membuat, tips merawat dan sebagainya.

Target adalah kata yang mewakili isi konten, misalnya artikel merawat kucing. Jika digabung dengan kata pembuka akan menjadi "Cara merawat kucing, tutorial merawat kucing, tips merawat kucing".

Fokus adalah kata yang akan memberi fokus pada sebuah target, misalnya dari target "Kucing" anda hanya fokus pada "Jenis Anggora" maka judul akan menjadi "Cara merawat kucing anggora"

Tambahan adalah kata yang menjelaskan tujuan, manfaat atau bahan yang ada pada artikel, dari kata "Merawat" kita mendapatkan tujuan kesehatan. Bila digabungkan menjadi "Cara merawat kucing anggora agar kebal penyakit" atau "Cara merawat kucing anggora agar tetap sehat". Agar kebal penyakit atau sehat merupakan tujuan dari artikel tersebut.

Dari empat rumus diatas, pembuka dan target adalah unsur dasar yang harus anda tulis. Nah untuk menarik banyak pengujung, anda sebaiknya menambahkan Fokus dan Tujuan menggunakan keyword yang banyak dicari orang . Setelah anda memahaminya, saya akan memberikan beberapa trik ampuh yang dapat membuat orang penasaran dengan artikel anda.

1. Memanfaatkan angka dibagian depan

a. 20 Kata Motivasi Meningkatkan Rasa Percaya Diri
b. 10 Langkah Menjadi Desainer Grafis Profesional

2. Menambah kata sifat didalam judul 

a. Cara Mudah Mendapatkan Pacar Yang Setia
b. Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

3. Membuat judul yang meyakinkan pengunjung

a. 7 Tempat Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi
b. Beginilah Kehidupan Bill Gates Yang Sebenarnya
c. Inilah Yang Harus Anda Lakukan Setelah Menikah

4. Membuat judul dengan kata Fakta dan Bukti

a. 8 Fakta Jika Julia Perez Artis Papan Atas
b. Minum Air Putih Di Pagi Hari Terbukti Membersihkan Ginjal

5. Membuat judul pertanyaan dan perbandingan

a. Mengapa Memilih VGA Nvidia Daripada Merk Lain?
b. 4 Alasan Kenapa Minum Lebih Penting Dari Makan

Demikian kiat membuat judul artikel yang menarik banyak pengujung agar blog kita ramai dibaca orang, jika teman-teman memiliki trik yang lain silahkan share lewat kolom komentar. Semoga membantu dan bermanfaat, terimakasih.

Comments