Jenis Dan Karakter Huruf Dalam Tipografi

Dalam ilmu tipografi, huruf dibagi menjadi beberapa jenis dan masing-masing jenis memiliki karakteristik serta komunikasi yang berbeda-beda. Inilah yang nantinya menjadi pedoman para desainer dalam memilih huruf yang akan dijadikan sebagai tokoh utama untuk menyampaikan pesan dalam desainnya. 

Jenis Dan Karakter Huruf Dalam Tipografi

Jenis dan Karakter Huruf

1. Serif

Jenis font Serif

Keluarga font Serif lahir disekitar abad 11 dan sangat populer dikalangan masyarakat karena jenis font Serif biasa digunakan untuk Hardcopy atau hasil cetak media offline, seperti buku, majalah, koran, dan sebagainya. Ciri-cirinya adalah memiliki sirip dibagian ujung, contohnya Times New Roman, Bodoni, Book Antiqua, Georgia.

Kesan : Feminim, Klasik, Lemah Gemulai.

2. Sans-Serif

Jenis Font Sans-Serif

Keluarga font Sans-Serif ini memiliki bentuk yang mirip dengan font Serif, yang membedakannya adalah jenis font ini tidak memiliki sirip karena pada dasarnya kata "Sans" berarti "Tanpa" dalam bahasa Prancis. Jika jenis font Serif biasa digunakan untuk media offline, sebaliknya font jenis Sans-Serif seringkali digunakan untuk media online seperti Facebook, Twitter, Google karena tampilannya nyaman dibaca dan dapat dilihat dengan jelas. Contoh font Sans-Serif misalnya Arial, Helvetica, Futura, Verdana.

Kesan : Modern, Efisien, Kontemporer.

3. Script

Jenis Font Script

Keluarga font Script sering disebut dengan Handwritting Font atau dengan kata lain font tulisan tangan karena bentuknya yang menyerupai goresan tangan yang dikerjakan dengan pena. Biasanya font jenis ini digunakan untuk desain yang berhubungan dengan kemewahan, misalkan undangan pernikahan atau ucapan selamat untuk perusahaan baru dengan hiasan bunga. Contoh font Freestyle Script, French Script, John Handy.

Kesan : Mewah, Akrab, Anggun, Personalis

4. Slab-Serif

Jenis Font Slab Serif

Kelurga font Slab-Serif biasa dikenal dengan nama Egyptian. Jenis font ini merupakan bagian dari jenis font Serif, hanya saja siripnya lebih tegas dan lurus menyerupai tongkat. Mungkin font ini cocok digunakan untuk produk yang berhubungan dengan lelaki. Contoh font Rockwell, Typo Slab-Serif.

Kesan : Kokoh, Kuat, Stabil

5. Character Proportion

Jenis Font Character Proportion

Keluarga font Character Proportion memiliki ciri yang mudah dikenali, yaitu memiliki lebar yang sama tidak peduli itu 'R' ataupun 'J' semuanya sama. Font jenis ini biasanya digunakan untuk pemrograman atau penyajian kode-kode HTML karena memiliki lebar huruf yang sama dan mudah dihitung spasinya. Contoh font Courier New.

Kesan : Canggih, Digitalis

6. Cursive

Jenis Font Cursive

Keluarga font Cursive biasa dikenal dengan nama fantasy font. Jenis font ini merupakan pengembangan dari bentuk bentuk yang sudah ada dan biasa digunakan untuk desain yang berhubungan dengan imajinasi seperti teks pada komik, produk anak anak untuk menarik pehatian mereka dengan bentuknya yang cute dan unique, dan lain-lain. Contoh font Magneto, Comic Sans MS, Joker.

Kesan : Dekoratif, Ornamental

Demikian jenis dan karakter huruf dalam tipografi, saya harap sekarang anda dapat memilih font mana yang cocok untuk produk wanita, buku anak, undangan pernikahan dan sebagainya. Semoga bermanfaat

Comments