Perbedaan DKV Dan Desain Grafis

Bagi sebagian orang mungkin tidak asing dengan kata DKV (Desain Komunikasi Visual) dan Desain Grafis, namun terkadang kita sulit membedakannya bahkan dipikiran beberapa orang kedua hal tersebut adalah sama, intinya yah menggambar, poster, brosur, Photoshop, CorelDRAW dan aplikasi-aplikasi grafis lainnya.

Pebedaan DKV Dan Desain Grafis

Namun, pada dasarnya kedua hal tersebut memiliki beberapa perbedaan yang harus anda ketahui, apalagi jika anda sedang memilih "Kursus Desain Grafis" atau "Kuliah Jurusan DKV" ? Begini perbedaanya.

Perbedaan DKV dan Desain Grafis

Apa itu DKV?

Desain Komukasi Visual atau biasa disebut dengan DKV berasal dari tiga kata yaitu Desan, Komunikasi dan Visual. Jika dijabarkan maka Desain berkaitan dengan perancangan estetika berdasarkan kreatifitas, Komunikasi adalah ilmu menyampaikan pesan, dan Visual adalah objek yang dapat dilihat. Jadi DKV adalah ilmu mempelajari konsep komunikasi dalam menyampaikan pesan secara visual melalui media yang berlandaskan kreatiftias. 

Apa itu Desain Grafis?

Desain Grafis berasal dari dua kata, Desain dan Grafis. Desain adalah perancangan estetika berdasarkan kreatifitas, dan Grafis adalah ilmu merancang titik atau garis menjadi sebuah bentuk yang berhubungan dengan percetakan. Jadi Desain Grafis adalah ilmu merancang titik dan garis menjadi sebuah bentuk untuk tujuan percetakan yang berlandaskan kreatiftias. 

Lalu, Apa perbedaanya?

Dari pengertian diatas kita dapat simpulkan jika cangkupan DKV itu lebih luas karena desain grafis hanya bersifat dua dimensi yang hasil akhirnya adalah dicetak seperti poster, famplet atau komik. Sedangkan hasil dari DKV adalah poster, famplet, komik, 3D, animasi, video, sampai dengan ilmu periklanan (komunikasi). Dengan kata lain, desain grafis masih dalam cangkupan atau bagian dari DKV.

Bagaimana, sekarang anda sudah tahukan perbedaan DKV dan Desain Grafis? saya harap artikel ini dapat membantu anda dalam membedakan kedua hal tersebut. Semoga bermanfaat.


Comments

  1. terima kasih penjelasannya mas, sangat bermanfaat nih buat yang awam dengan dunia desain seperti saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mas Alfi, seneng kalau bisa bermanfaat.. mantap.

      Delete

Post a Comment

Apa yang anda pikirkan setelah membaca konten diatas? jika ingin menautkan link blog, ganti tanda (.) menjadi tanda (,) Thanks