Pengertian Logogram dan Logotype

Apakah anda pernah mendengar istilah dalam desain logo, salah satunya logogram dan logotype yang sering sekali digunakan untuk klasifikasi pembuatan logo. Pada dasarnya logogram dan logotype adalah dua jenis logo yang memiliki fungsi dan tujuan yang sama namun berbeda dalam bentuk dan karakteristiknya.

Sebelum melangkah lebih jauh, anda harus tahu Apa itu logo? Logo adalah identitas visual yang diterapkan dalam sebuah bentuk dengan simbol, tulisan, atau gabungan dari keduanya yang mewakili sebuah produk perusahaan atau sesuatu yang membutuhkannya sebagai pengganti nama sebenarnya. 

Pengertian Logogram dan Logotype

Apa itu Logogram?

Logogram adalah simbol yang digunakan untuk mewakili identitas perusahaan atau organisasi. Logogram sendiri dapat diartikan sebagai logo yang terbentuk dalam sebuah gambar untuk mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan.

Contoh Logogram :

Contoh gambar logogram

Apa itu Logotype?

Logotype memiliki fungsi yang sama dengan logogram, namun visual logotype lebih pada bentuk huruf atau typograpi saja. Misalkan nama perusahaan anda adalah "ABCD" maka bentuk logo yang digunakan adalah tulisan "ABCD" dengan variasi visual.

Contoh Logotype :

contoh gambar logotype

Demikian pemahaman tentang logogram dan logotype, kesimpulannya adalah logogram merupakan logo dengan visual simbol sedangkan logotype lebih pada tipografi. Semoga bermanfaat.

Comments