Penjelasan Tata Letak (Layout)

Apa itu tata letak dan apa kegunaanya, mengapa anda harus mempelajarinya? Begini, agar menjadi seorang desainer yang profesional cobalah untuk mempelajari semua hal yang berhubungan dengan desain, walapun itu hal yang kecil dan sering diartikan dengan tidak penting. Pada dasarnya, mempelajari tata letak adalah penting dan menggunakan ilmu ini kita dapat membuat sebuah desain yang terkoordinasi. 


Penjelasan Tata Letak (Layout)


Apa itu Tata Letak (Layout)?

Sebuah usaha mendapatkan komunikasi visual yang komunikatif dan menarik dengan cara menyusun dan memadukan unsur-unsur komunikasi grafis, seperti huruf, teks, garis, tabel, warna dan sebagainya. 


Tujuan Tata Letak (Layout)?

Menghasilkan sebuah desain atau media yang efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan terhadap khalayak ramai.


Prinsip Dasar Tata Letak (Layout)?


1. Keseimbangan/Balancing

Keseimbangan/Balancing merupakan prinsip dalam layout yang menghindari kesan berat/ketidakseimbangan bidang atau ruang yang terisi oleh unsur unsur seni rupa. Balanced dibagi menjadi dua, yaitu :


A. Keseimbangan Simetris



Keseimbangan Simetris

Keseimbangan simetris terjadi ketika keseimbangan unsur visual terjadi secara vertical ataupun horizontal, Gaya ini biasanya menggunakan dua elemen yang diletakan dengan tempat dan jarak yang sama seperti cermin (titik tengah adalah garis cermin).


B. Keseimbangan Asimetris



Keseimbangan Asimetris

Keseimbangan asimetris terjadi apabila unsur visual dari elemen desain tidak merata, namun tetap terlihat seimbang. Gaya ini menggunakan permainan visual kontras, warna, dan sebagainya dengan titik yang beraturan.


2. Alur Baca/Movement



Alur baca/Movement

Alur baca dibuat oleh desainer yang dirancang secara sistematis dengan tujuan mengarahkan mata pembaca dari bagian satu ke bagian lainnya dalam menelusuri sebuah informasi. 


3. Penekanan/Emphasis



penekanan emphasis

Sebuah teknik yang digunakan untuk memberikan penekanan pada unsur visual seperti gambar, judul teks, dll pada layout. Penekanan dibuat dengan cara membuat unsur visual yang diperbesar, dipertebal atau cara lainnya yang membuatnya lebih menonjol.


4. Kesatuan/Unity



Kesatuan/Unity

Menciptakan sebuah kesatuan dalam sebuah desain, seperti menyatukan beberapa gambar dengan pemisah garis dan memberikan informasi dari beberapa bagian tersebut sehingga tercipta keselarasan visual yang seimbang.


Demikian penjelasan tentang tata letak (Layout) sebagai panduan kita untuk memahami pembuatan desain yang berhubungan dengan tata letak (layout), seperti cover majalah, poster, koran dan sebagainya. 



Comments