Penjelasan Tipografi (Typography)

Pernahkan anda membaca koran, majalah, atau melihat desain yang elemen utamanya adalah huruf. Semua itu dibuat menggunakan salah satu ilmu desain yang biasa disebut dengan Tipografi. Lalu, Apa itu tipografi?

Tipografi adalah seni memilih huruf untuk merancang dan menata sebuah teks atau paragraf agar pesan dalam tulisan dapat tersampaikan dengan efektif secara visual.
Penjelasan Tipografi (Typography)

Saat ini tipografi terus berkembang dari fase penciptaan tanggan hingga fase komputerisasi, fase komputerisasi sendiri membuat penggunaannya lebih mudah, lebih cepat dan lebih bervariasi. Lalu, Bagaimana sejarah terciptanya tipografi?

Sejarah Tipografi dimulai dari penggunaan Pitograph, bentuk bahasa ini dulunya digunakan oleh bangsa Viking Norwegia dan Indian Sioux. Di Mesir juga berkembang jenis huruf Hieratia, yang terkenal dengan nama Hieroglif pada sekitar abad 1300M. Bentuk tipografi ini akhirnya berkembang sampai di Kreta lalu menyebar ke Yunani dan Akhirnya ke Eropa. Puncak perkembangan tipografi terjadi kurang lebih pada abad 8 SM di Roma saat orang Romawi tidak memiliki sistem tulisan sendiri dan mulai mempelajari tulisan Etruska yang merupakan tulisan penduduk asli Italia.


Demikian penjelasan singkat tentang tipografi, dari mulai pengertian sampai dengan sejarahnya untuk menambah pengetahuan kita. Semoga bermanfaat


Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Typography


Comments