Cara Mengubah Bitmap Menjadi Vector Dengan CorelDRAW

Fungsi utama CorelDRAW adalah membuat objek vector, berbeda dengan Photoshop yang diciptakan untuk mengedit atau memanipulasi objek bitmap. Beberapa jam sebelum saya menulis artikel ini, seorang teman bernama +Rizki Fauzan bertanya :


"Gam, saya baru saja membaca artikel TeoriDesain yang berjudul Penjelasan bitmap dan vector. Pertanyaan saya, Apakah bitmap dapat diubah menjadi vector? jika bisa, bagaimana caranya?"

Sebelumnya terimakasih kepada teman saya telah membuka inspirasi untuk menuliskan artikel pada hari ini, jawabannya adalah "Yah, objek bitmap dapat diubah menjadi vector dengan salah satu software yaitu CorelDRAW". Berikut tutorialnya.



Mengubah Bitmap Menjadi Vector Dengan CorelDRAW

1. Siapkan File Bitmap dengan format JPG, PNG, GIF atau BMP. File yang saya gunakan Logo Teoridesain berformat PNG.


Logo teoridesain yang akan diedit


2. Buat file baru File > New > Ok . Lalu Import objek bitmap File > Import > Pilih Gambar > OK.



Import file bitmap ke corelDRAW


3. Klik kiri pada gambar lalu Perhatikan Menu bar, Trace Bitmap > Outline Trace > Clipart . Anda juga dapat melakukannya dengan Klik Kanan pada gambar.



Langkah menggunakan fungsi trace bitmap pada coreldraw

4. Setting sesuai kebutuhan Detail, Smoothing, Corner Smoothing, atau Perhatikan gambar dibawah. (Pengaturan setiap gambar berbeda)



Setting pengaturan Trace Bitmap pada Coreldraw


5. Objek bitmap telah diedit ke Vector, sekarang anda dapat dengan leluasa atau bebas mengedit gambar tersebut menggunakan CorelDRAW. Misalkan mengganti warnanya.



Hasil akhir mengubah bitmap menjadi vector menggunakan coreldraw


Demikian Cara Merubah Bitmap Menjadi Vector Dengan CorelDRAW, jika ada pertanyaan silahkan berkomentar. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. gan req dong, cara membuat logo dari Corel Draw. Makasih nih sebelumnya bermanfaat. Logo yang flat dan designnya modern.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap gan request diterima, segera dibuat terimakasih..

      Delete

Post a Comment

Apa yang anda pikirkan setelah membaca konten diatas? jika ingin menautkan link blog, ganti tanda (.) menjadi tanda (,) Thanks