Desain Logo Band Metal Underground Dengan Photoshop

Apapun genre band anda, Punkrock, Thrashcore,Grindcore, Deathmetal, Metalcore, Hardcore, Slemming, dll pastinya membutuhkan sebuah logo untuk mengenalkan band kepada halayak ramai entah itu lewat famplet, merch, atau biasanya membagikan stiker saat perform.

Desain Logo Band Metal Underground Dengan Photoshop

Sebenarnya mudah saja membuat sebuah logo band metal, jika ingin belajar secara manual anda dapat membacanya di IndramayuUnderground. Sedangkan jika anda tidak bisa menggambar dan ingin membuatnya dengan fasilitas yang anda, silahkan ikuti tutorial yang saya berikan.

Desain Logo Band Metal Underground Dengan Photoshop

Apa yang anda butuhkan?
a. Komputer
b. Adobe Photoshop
c. Font Metal - 25 Font Metal Underground 

Silahkan unduh font metal yang ada, lalu masukan pada komputer anda dengan cara Extract File RAR > Copy Font >  Klik Start > Control Panel > Appearance and Personalization > Font > lalu Paste.

Sebagai contoh, saya akan membuat sebuah logo band bergenre Death Metal dengan nama Death Gorgon , berikut tutorialnya.

1. Buat lembar kerja baru File > New > Atur Ukuran > OK.

Membuat lembar kerja baru dengan Photoshop


2. Pilih Horizontal Type Tool , tuliskan nama band anda dengan font yang telah di unduh, pilih jenis sesuai genre band anda. Disini saya menuliskan Death dan Gorgom dengan Layer yang berbeda. Apa itu layer? silahkan baca Pegertian dan Fungsi layer Photoshop.

Menggunakan Horizontal Type Tool


3. Posisikan tulisan tersebut sesuai keinginan dengan Move Tool, ubah ukurannya dengan CTRL+T jika diperlukan, saya meletakannya secara Horizontal (Atas-bawah). Perhatika gambar

Memposisikan gambar dengan move tool


4. Langkah selanjutnya adalah Delete Layer Background, dengan otomatis background akan berubah trasparant.

Menghapus/Delete layer background


5. Gabungkan kedua layer, Pada Properties pilih Menu Layer > Merge Visible dengan begitu kedua layer akan menjadi satu.

Menggunakan fungsi merge visible pada photoshop


6. Tekan CTRL+T  > Klik Kanan Gambar > Warp, ubah sedikit bentuk dari logo yang sedang dibuat. Namun jika anda sudah puas dengan bentuk yang ada, langkah ini dapat anda lewati.

Menggunakan fungsi warp pada photoshop


Pada langkah ini anda sudah dapat menyimpannya untu hasil Hitam-putih , pilih File > Save As.

7. Selanjutnya Klik Kanan Layer > Blending Options, maka dengan otomatis akan keluar kotak dialog Blending Options.

membuka fungsi blending options


8. Pada menu Blending Options pilih Bavel and Emboss , Style : Inner Bavel dan Technique : Chisel Soft , silahkan atur sesuai keinginan anda, centang Color Overlay > Pilih Warna lalu OK.

menggunakan fungsi blending options


9. Selesai, anda telah berhasil membuat logo band Metal Underground, berikan background hitam dan agar lebih sempurna, terapkan pada sebuah Artwork, anda dapat membuatnya sendiri atau membelinya dari seorang Artworker.

hasil dari penggunaan blending options pada photoshop


Demikian cara membuat desain logo band metal underground bergenre Death Metal, Pilihlah font yang menggambarkan genre anda, misalkan genre band anda adalah Thrashcore maka akan lebih baik anda menggunakan font Char BB dan sebagainya. Jika anda ingin mencetak logo tersebut mungkin untuk T-Shit silahkan baca Cara merubah Bitmap menjadi Vector dengan CorelDRAW, Semoga bermanfaat

Comments