Jika kita membahas tentang desain kemasan, maka erat kaitannya dengan sebuah produk. Beberapa hal yang akan menaikan penjualan produk anda adalah logo, desain kemasan, desain toko online, produk itu sendiri dan tidak kalah penting adalah Deskripsi.
Deskripsi adalah salah satu hal yang akan mempengaruhi konsumen dan merubah psikolog mereka untuk membeli apa yang anda jual. Belajar dari beberapa sumber terpercaya, saya akan membagikan sedikit ilmu yang saya ketahui tentang "Bagaimana membuat deskripsi produk untuk mengingkatkan penjualan".
Perbaiki Deskripsi Produk Anda Dan Tingkatkan Penjualan
Apa yang dibeli seseorang?
Sebelum anda memperbaiki atau mulai membuat deskripsi untuk produk anda, saya akan memberitahukan Apa yang sebenarnya dibeli seseorang? . Berikut beberapa contoh :
1. Seseorang tidak membeli tas branded melainkan gengsi, dengan barang yang mahal seseorang akan lebih percaya diri, terutama dalam menarik lawan jenis.
2. Seseorang tidak membeli buku Panduan Google Adsense, dia hanya ingin websitenya menghasilkan banyak uang salah satunya dari GA.
3. Seseorang tidak membeli kamera, dia hanya ingin mengabadikan moment indah dalah hidupnya.
Dari tiga penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa : Setiap orang memiliki satu alasan yang mutlak mengapa mereka membeli produk, jawabannya adalah Manfaat.
Sekarang anda tahu, Seseorang tidak membeli produk melainkan menfaat.
Selama produk yang anda jual dapat menyelesaikan masalah konsumen, maka dengan sendirinya konsumen akan membelinya.
Ketahui Kesalahan Para Penjual
Selain faktor desain toko online, baca Tips membuat desain toko online (meningkatkan penjualan). Kesalahan yang kerap dilakukan oleh penjual adalah hanya menuliskan fitur tanpa adanya informasi manfaat pada deskripsi. Tidak semua konsumen dapat mendeskripsikan produk yang anda jual dengan baik, maka dari itu informasi manfaat sangatlah penting terutama jika produk yang anda jual masih terbilang baru. Sebelumnya saya akan menjelaskan perbedaan fitur dan manfaat.
Apa itu fitur?
Fitur adalah fakta objektif dari sebuah produk, misalnya berat, bentuk, warna, kandungan, desain dan sebagainya.
Apa itu manfaat?
Manfaat adalah hasil yang dapat dirasakan konsumen karena fitur yang terdapat pada produk yang anda jual.
Beberapa Contoh Fitur dan Manfaat
1. Jaket
Fitur : Terbuat dari Bahan Rajut yang Berkualitas
Manfaat : Menghangatkan tubuh dari hawa dingin
2. Kamera
Fitur : Support Flash
Manfaat : Memungkinkan Kita mengambil gambar dimalam hari
Bagaimana? apakah anda sudah tahu perbedaan antara fitur dan manfaat? saya anggap anda telah paham dengan kedua hal tersebut. Lalu, bagaimana cara menulis deskripsi sebuah produk yang benar?
Dari beberapa sumber yang telah saya baca dan pahami, serta beberapa perbandingan toko online A dan B, saya mendapatkan kesimpulan, yaitu :
Deskripsi yang menjual adalah deskripsi yang menuliskan Fitur dan Manfaat dari produk yang dijual dalam 2-3 kalimat (Kombinasi fitur dan manfaat).
Cara menulis deskripsi yang menjual
Sekarang saya akan memberi contoh cara menuliskan deskripsi pada produk anda, contoh produk yang akan saya berikan deskripsi adalah T-Shirt yang dibuat dari bahan Katun berkualitas.
T-Shirt merek ABC, fitur : Terbuat dari bahan katun berkualitas, Manfaat : Dapat menyerap keringat dengan baik.
Deskripsi :
"T-Shirt Merek ABC terbuat dari bahan katun berkualitas, dapat menyerap keringat dengan baik. Memungkinkan anda bergerak dengan bebas bahkan saat cuaca panas sekalipun"
Demikian cara menulis deksripsi yang menjual, perbaiki deskripsi produk anda sekarang juga dan tingkatkan penjualan. Semoga bermanfaat.
Super sekali mas, istri saya juga sedang mencoba menjual barang ditoko online. Kalau boleh dibantu, minta saran deskripsi untuk produknya, saya kirim email mas mohon dibalas..
ReplyDeleteEmail sudah saya balas Kang, langsung via pesan facebook aja biar gampang soalnya jarang buka email hehe
Deletewah nice artikel gan, ,jadi nambah pengetahuan
ReplyDeleteOke gan semoga bermanfaat
Delete