Cara Mengubah Background Foto Dengan Adobe Photoshop

Pernahkan anda melihat foto seorang teman yang berada di Zimbabwe, Pakistan, Mesir, Amazon atau tempat-tempat yang anda pikir itu mustahil. Ada dua kemungkinan, yang pertama teman anda telah mendapatkan hadiah tiket berkunjung ke negara tersebut, dan yang kedua adalah foto tersebut berhasil diedit menggunakan Adobe Photoshop. 

Nah, sekarang saya akan membahas kemungkinan kedua yaitu mengubah background foto dengan Adobe Photoshop. Tidak usah mengeluarkan banyak dana atau menunggu hadiah tiket berpariwisata ke luar negeri untuk membuat foto anda berada dibelahan dunia, anda hanya harus melakukan tutorial dibawah ini.

Mengubah Background Foto dengan Photoshop

1. Siapkan dua buah foto, yang pertama foto anda sendiri dan yang kedua background untuk foto anda. Disini saya menggunakan foto teman dan Menara Eiffel Paris.

2. Buka Adobe Photoshop, Open foto yang akan diedit. File > Open > Pilih foto > OK.


3. Seleksi foto yang sedang diedit, saya menggunakan Magnetic Lasso Tool untuk  menyeleksi. Silahkan baca 4 cara seleksi pada Adobe Photoshop.


4. Setelah yakin dengan hasil seleksi, sekarang open background foto. File > Open > Pilih Background Foto.


5. Pisahkan tab kedua foto tersebut, drag (pindah) foto yang telah diseleksi menggunakan Move Tool pada Background yang telah disiapkan.


6. Tekan Ctrl+T lalu sesuaikan ukuran foto dengan backgroundnya, ingat tekan Sift saat mengubahnya.


7. Setelah puas dengan ukurannya, atur cahaya foto tersebut pilih Image > Adjustments > Brightness/Contrast. Atur dan seimbangkan cahaya, setarakan dengan background.


8. Langkah terakhir pilih Blur Tool lalu usapkan pada sisi-sisi foto tersebut, selesai.


9. Berikut hasil dari tutorial kali ini, teman saya yang berpose tampan dengan background Menara Eiffel. Amazing.


Demikian tutorial mengubah background foto dengan photoshop. Bagaimana, mudah sekali bukan? jika ada kesulitan dalam penerapan langkah-langkah diatas silahkan berkomentar, saya siap membantu. Semoga bermanfaat.

Comments