Cara Mudah Membuat Efek Fokus Blur dengan Photoshop

Banyak cara membuat foto anda semakin eksis didunia maya, salah satunya adalah berpose didepan kamera DSLR agar latar/background foto anda blur. Dengan demikian semua mata hanya tertuju pada kecantikan atau ketampanan anda. Namun, apabila anda tidak memiliki kamera DSLR gunakanlah Adobe Photoshop untuk membuatnya.

Ada banyak cara membuatnya, seperti menyeleksi gambar/background terlebih dahulu lalu barulah memberikan efek blur. Namun sekarang saya akan memberikan tutorial yang saya anggap paling mudah. Penasaran? berikut tutorialnya.

Membuat Efek Fokus Blur dengan Photoshop

Disini saya menggunakan foto teman saya, anda dapat menggunakan foto anda sendiri. Namun, apabila anda membutuhkannya untuk praktek silahkan save foto dibawah ini.

Bahan foto untuk praktek


1. Buka foto yang akan diedit, File > Open > Pilih Foto.

Membuka file / Open File


2. Buat copy layer tersebut, tekan CTRL+J . Perhatikan pallete, sekarang ada dua layer.

Layer Via Copy


3. Selanjutnya pilih Filter > Blur > Gaussian Blur > Atur blur sesuai keinginan, lalu OK.

Memberikan efek blur pada foto


4. Jika dalam langkah ini anda benar, maka dengan otomatis seluruh foto akan berubah menjadi blur. Perhatikan gambar.

Hasil foto blur


5. Pilih Eraser Tool, klik kanan pada foto pilih bentuk Eraser Tool seperti gambar dibawah ini (Soft Round Pressure Opacity).

pemilihan bentuk eraser tool


6. Langkah terakhir adalah mengusapkan pada bagian yang akan dibuat fokus. Saya menggunakannya pada kedua teman saya dan sedikit dibagian bawah.

hasil akhir Membuat Efek Fokus Blur dengan Photoshop

Demikian tutorial membuat efek fokus blur tanpa menggunakan seleksi, anda dapat dengan mudah membuatnya. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal saya sarankan seleksi terlebih dahulu sebelum menghapus bagian fokus, silahkan baca 4 cara seleksi pada Adobe Photoshop. Semoga bermanfaat.

Comments