Teknik Dasar Dalam Tipografi

Seperti ilmu desain lainnya, Tipografi juga memiliki teknik yang dapat membantu anda dalam membuat desain. Misalkan koran, majalah, brosur dan segala macam desain yang elemen dasarnya adalah huruf wajib menerapkannya agar mendapatkan hasil desain yang sempurna. Lalu, apa saja teknik-teknik tersebut?


Teknik Dasar Dalam Tipografi

1. Memanfaatkan ruang kosong (Text Corner)

teknik memanfaatkan ruang kosong

Manfaatkanlah ruang kosong untuk meletakan/menambahkan sebuah teks bantu yang akan memperkuat keterangan desain anda. perhatikan gambar, menurut saya bagian merah adalah bagian terbaik untuk meletakan teks tambahan/keterangan desain.



2. Penggabungan tebal tipis huruf (Regular-Bold)

teknik penggabungan tebal-tipis font

Teknik ini biasa digunakan untuk menonjolkan salah satu kata dari beberapa teks yang tertulis. Perhatikan gambar,  lihatlah perbedaan dari dua desain tersebut mana yang lebih mudah dipahami walaupun tanpa spasi.



3. Kombinasi huruf dengan bentuk tertentu (Text and Shape)

kombinasi huruf dengan bentuk tertentu

Dengan kombinasi ini desain terlihat lebih menawan dan memberikan kesan tersendiri, teknik ini biasanya digunakan untuk sebuah logo.



4. Penggunaan warna yang berbeda (Text Colors)

penggunaan warna yang berbeda

Dengan menggunakan dua warna yang berbeda pada desain Tipografi, kita dapat dengan mudah menyampaikan makna dan pembagian kata dalam sebuah desain. Perhatikan gambar, kata "Redevil" dapat dibaca dengan mudah yaitu Red-Evil bukan Re-Devil.



5. Memanfaatkan Opacity (Opacity Set)

teknik memanfaatkan opacity

Teknik ini digunakan untuk memperkuat fokus pada teks utama, selain itu Tipografi jenis ini juga dapat digunakan sebagai penghias latar belakang sebuah desain.



6. Penggunaan hirarki huruf (Hierarchy)

teknik penggunaan hirarki huruf

Penggunaan hirarki digunakan untuk memberitahukan pembaca, mana yang judul, keterangan judul, artikel dan sebagainya dengan poin size pada font. Teknik ini sering kali digunakan untuk desain seperti koran, majalah dan famplet yang elemen utamanya adalah huruf.



7. Perataan huruf Per-paragraf (Rag)

teknik perataan huruf per-paragraf

Teknik ini membuat paragraf terlihat rapi dan enak dibaca, hal ini sangat penting untuk sebuah brosur atau media lain yang digunakan untuk menyampaikan informasi menggunakan teks yang panjang.



8. Pemberian ruang kosong (Free Space)

teknik pemberian ruang kosong

Desain yang terlalu banyak gambar dan teks malah akan terlihat acak-acakan dan sangat sulit untuk dipahami, maka dari itu teknik ini sangat cocok untuk mengarahkan mata satu persatu pada objek atau teks yang akan kita sampaikan dengan menyisihkan ruang kosong. Efek yang ditimbulkan juga akan membuat desain lebih bersih dan elegan.


Demikian beberapa teknik dalam Tipografi, beberapa istilah diatas saya buat sendiri agar anda mudah dalam mengingatnya. Semoga bermanfaat.


Comments