Penjelasan Fungsi Shaping Pada CorelDRAW

Apa itu fungsi shaping pada CorelDRAW? Shaping adalah fungsi pada CorelDRAW yang memungkinkan kita untuk membuat bentuk tertentu dari dua atau lebih objek dengan menggabungkan, memotong, atau membuat bagian tertentu sesuai fungsinya.

Shaping pada CorelDRAW terdiri dari Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front minus Back, Back minus Front, dan Create Bondary. Setiap fungsi memiliki kegunaan yang berbeda.

Penjelasan Fungsi Shaping Pada CorelDRAW

1. Cara mengeluarkan perintah fungsi shaping

Ada beberapa cara untuk mengeluarkan perintah fungsi shaping, salah satunya adalah dengan menuju Menu Bar > Window > Dockers > Shaping maka akan keluar kotak dialog perintah tersebut seperti gambar dibawah ini.


Mengeluarkan perintah fungsi shaping1

Selain itu, ada juga cara yang lebih mudah yaitu dengan menyeleksi dua atau lebih objek yang sedang diedit, setelah objek-objek tersebut terseleksi dengan otomatis akan keluar perintah tersebut pada bagian menu bar, perhatikan gambar.



mengeluarkan perintah fungsi shaping2


2. Macam-macam dan kegunaan fungsi shaping

Berikut ini adalah macam-maca fungsi shaping dan kegunaannya, sebagai contoh kita buat bentuk lingkaran dan persegi yang besinggungan untuk mengetahui perintah fungsi shaping yang tersedia.


Dua Objek bersinggungan yang akan diberikan Perintah Shaping

A. Weld


Weld berfungsi untuk menggabungkan dua objek yang saling bersinggungan. Setelah ana memilih fungsi Weld, dengan otomatis kedua objek tersebut akan bergabung.



penjelasan dan fungsi weld


B. Trim


Trim berfungsi untuk memotong dua objek yang bersinggungan tanpa menghilangkan objek pemotong. Geser objek lingkarang, maka anda akan melihat objek persegi yang terpotong.



penjelasan dan fungsi perintah trim

C. Intersect

Intersect berfungsi untuk membuat sebuah pola yang lain dari hasil irisan atau potongan dua objek yang bersinggungan. Perhatikan gambar, warna kunging adalah hasil potongan dari Intersect, anda dapat melihatnya setelah objek lingkaran digeser.


penjelasan dan fungsi perintah intersect

D. Simplify


Simplify memiliki fungsi yang sama dengan trim, namun perbedaanya objek yang terpotong adalah objek yang dibelakang sesuai dengan bentuk objek yang didepannya. Karena lingkaran dibagian depan, maka dari itu persegi yang terpotong, begitu juga apabila sebaliknya.



penjelasan dan fungsi perintah simplify

E. Front Minus Back


Front Minus Back berfungsi untuk memotong objek yang berada dibagian depan dengan menghilangkan objek bagian belakang.


penjelasan dan fungsi perintah front minus back

F. Back Minus Front

Back Minus Front berfungsi untuk memotong objek yang berada dibagian belakang dengan menghilangkan objek bagian depan.


penjelasan dan fungsi perintah back minus front

G. Create Boundary

Create Boundary berfungsi untuk menggabungkan dua bentuk objek yang beringgungan tanpa menghilangkan dua bentuk originalnya. Perhatikan gambar, objek yag transparan adalah hasil dari perintah boundary, anda dapat mewarnainya.

penjelasan dan fungsi perintah create boundary

Demikian penjelasan tentang fungsi shaping yang dapat anda pelajari untuk meningkatkan pengetahuan tentang CorelDRAW. Semoga bermanfaat.

Comments