Penjelasan Prinsip Dan Tujuan Desain Poster

Pada dasarnya poster adalah sarana untuk mengiklankan sesuatu, protes, atau mengingatkan khalayak umum dengan slogan-slogan yang tertulis pada sebuah kertas yang biasanya ditempelkan di tempat-tempat umum. Manfaat dari poster sendiri sangatlah luas, bagaimana bisa? Yah, dengan menggunakan poster yang menggantung ataupun menempel ditempat-tempat umum semua orang dapat melihatnya dan membacanya dengan mudah. Lalu, apasih definisi dari Poster? Berikut penejelasannya.

Penjelasan Prinsip Dan Tujuan Desain Poster
Poster Dakwah Karya MDC (Muslim Design Community)

Penjelasan Prinsip Dan Tujuan Desain Poster


Penjelasan Poster 

Poster adalah sebuah kertas yang memiliki ukuran tertentu (bebas) berisikan sebuah gambar, slogan, kalimat, atau promosi dengan tujuan tertentu yang letakan ditempat-tempat umum agar pesan atau informasi yang tertulis dapat tersampaikan pada khalayak ramai.

Prinsip Desain Poster

Poster memiliki prinsip desain layout, misalnya keseimbangan (Balancing), Penekanan (Emphasis), Kesatuan (Unity), Alur Baca (Hierarchy), dengan tujuan agar desain poster dapat efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan, untuk lebih lengkapnya silahkan baca Penejelasan Tata Letak (Layout).

Tujuan Desain Poster

Poster dibuat bukan tanpa alasan, secara umum tujuan poster adalah media publikasi untuk menyampaikan pesan atau informasi agar masyarakat luas dapat melihat dan membaca isi dari poster tersebut dengan alasan tertentu. Berikut adalah macam-macam poster berdasarkan tujuannya, yaitu :

1. Poster Komersial adalah poster yang dibuat dengan tujuan mempromosikan produk, barang, atau perusahaan terkait.

2. Poster Kampanye adalah poster yang bertujuan untuk mempromosikan sesuatu dalam mencari simpati rakyat.

3. Poster Propaganda adalah poster dengan tujuan memberikan asupan moral atau penyemangat untuk masyarakat luas.

4. Poster Arifmasi adalah poster yang bertujuan untuk membangkitkan motivasi para pembacanya.

5. Poster Wanted adalah poster yang digunakan atau bertujuan untuk mencari seseorang, misalkan orang yang hilang.

6. Poster Kelas/Sekolah adalah poster yang bertujuan untuk memberikan pesan moral yang baik terhadap para siswa atau keluarga besar sekolah.

Demikian penejelasan mengenai desain poster, sekarang anda sudah tahu apa itu poster, prinsip dan tujuan-tujuannya. Sebenarnya masih banyak macam-macam poster berdasarkan tujuannya, namun menurut saya enam poster diatas sudah lebih dari cukup untuk mewakili semua poster yang ada. Selanjutnya anda dapat membaca Tips Membuat Poster Yang Menarik dan Efektif. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. allhamdulillah akhirnya tugas saya selesai juga,makasih ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Apa yang anda pikirkan setelah membaca konten diatas? jika ingin menautkan link blog, ganti tanda (.) menjadi tanda (,) Thanks