Begini Cara Kerja Yang Efisien Saat Mendesain

Efisiensi adalah suatu proses mengerjakan sesuatu dengan baik dan benar, efisien sendiri sangat diperlukan untuk semua aspek, salah satunya adalah untuk para desainer agar dalam bekerja tidak membuang-mbuang waktu dan tenaga. Mengetahui alur kerja sangatlah penting, hal tersebut akan membantu anda menjadi pribadi yang efisien dan terorganisir. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda terapkan agar efisien dalam mendesain.

Begini Cara Kerja Yang Efisien Saat Mendesain

Ketahui Cara Kerja Yang Efisien Bagi Desainer


1. Mengenal Dan Memahami Proses

Setiap bidang dalam desain grafis memiliki tingkat kesulitannya masing-masing dan proses kerja yang berbeda-beda. Maka dari itu alangkah baiknya apabila anda mengenal dan memahami proses kerja setiap jenis-jenis desain grafis, seperti layout, desain logo, ilustrasi, web desain dan sebagainya, hal ini dibutuhkan agar efisiensi kerja dapat tercapai.

Sebagai contoh, misalkan kita akan membuat logo maka akan lebih baik apabila kita mencari konsep logo tersebut, lalu mulai membuat beberapa sketsa, memilih sketsa, membuat bentuk pada program grafis, memberi warna, sampai dengan finishing akhir. Proses kerja yang benar dalam mendesain dapat menghemat waktu, tenaga, dan biasanya menghasilkan output yang lebih berkualitas.

2. Mengetahui Kegunaan Program Grafis

Saat ini, kita banyak menemui beberapa program grafis yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Maka dari itu menyesuaikan aplikasi yang akan dipakai dengan pekerjaan yang sedang dihadapi adalah penting.

Misalkan anda sedang mengerjakan sebuah proyek berbasis website, Adobe Illustratr mungkin dapat membantu anda membuat web page yang menarik, namun akan lebih baik jika anda menggunakan Adobe Photoshop. Contoh lainnya misalkan anda sedang membuat logo, maka akan lebih baik jika anda menggunakan aplikasi berbasis vector.

Pedoman : Macam- macam program Pengolah Desain Grafis

3. Mengorganisir File Pada Folder

Sebagai seorang desainer, kita sering kali bekerja pada beberapa tahap yaitu deal, revisi, finishing sampai dengan penyerahan file akhir. Tanpa memanajemen file yang baik, kita akan direpotkan oleh letak file yang simpan acak-acakan. Bahkan dalam beberapa kasus, file kadang terhapus saat kita sedang menghapus beberapa file yang tidak penting, bukankah hal ini sangat merugikan dan mengganggu pekerjaan. Maka untuk menanggulinya, simpanlah file-file yang penting dalam beberapa folder yang mudah ditemukan.

Demikian beberapa tips yang dapat anda terapkan saat mendesain agar efisien, tidak membuang-buang waktu dan tenaga, terorganisir dan menghasilkan output yang lebih berkualitas. Jangan lupa share ya sobat teori desain, semoga bermanfaat.

Comments