Cara Ampuh Membangun Backlink Natural Dan Berkualitas

Apabila kita membahas SEO (Search Engine Optimization), maka ada salah satu faktor yang sangat kuat yaitu Backlink. Situs yang memiliki banyak backlink biasanya lebih diperhatikan oleh mesin pencari, namun tetap harus digaris bawahi bahwa "Backlink yang paling baik adalah backlink yang dibuat senatural mungkin dan berada di situs situs berkualitas".

Cara Ampuh Membangun Backlink Natural Dan Berkualitas

Sedikit saran, sebelum anda membangun backlink. Ada baiknya jika anda membangun website anda terlebih dahulu, terutama dalam hal konten. Logikanya, jika konten anda tidak berkualitas saya rasa orangpun enggan merekomendasikan website anda apalagi meletakannya diwebsite yang mereka miliki.

Cara Membangun Backlink Natural Dan Berkualitas


Pedoman Membangun Backlink Yang Baik

1. Tidak betubi-tubi, kurangi frekuensi maksimal tiga kali dalam sehari,
2. Tidak meletakan link kita disembarang tempat tanpa adanya riset terlebih dahulu.
3. Tidak menautkan link kita pada kolom komentar, kecuali pada website tersebut memang menyediakan form Nama, Email, Website, dan Pesan Komentar.
4. Membeli atau menggunakan jasa backlink yang tidak jelas kredibilitasnya.
5. Melakukan ping berkali-kali (Saya tidak pernah melakukannya)
6. Usahakan membuat backlink pada website yang relevan dengan niche.
7. Usahakan membuat backlink pada website dengan bahasa yang sama.

Membangun Backlink Natural Dan Berkualitas

Mungkin anda akan menemukan ribuan cara mencari backlink disitus lain. Namun perlu diketahui, saya hanya akan menuliskan cara membangun backlink yang paling aman, natural dan berkualitas untuk menghindari website anda terkena pinalti Google atau dianggap spam.

1. Mencari Partner (Blogroll)

Saya pastikan jika anda pernah melihat sebuah widget dengan judul Partner/Blogroll/Rekomendasi pada sebuah situs, anda juga bisa melihanya diwebsite ini. Langkah awal yang harus anda pikirkan adalah konten, buatlah konten-konten yang berkualitas dan niche yang jelas.

Kemudian, tuliskan kata kunci yang relevan dengan niche sobat pada mesin pencari Google. Anda akan menemukan banyak website disana, buka satu persatu terutama pada halaman pertama, lihat kualitas kontennya dan periksa apakah pembaca pada website tersebut aktif atau tidak.

Setelah anda melakukan beberapa riset diatas, hubungi pemilik website untuk memasang link anda dan sebaliknya. Saya sarankan langsung lewat media sosial yang dimilikinya lalu berkenalan terlebih dahulu. Memang hal ini tidaklah mudah karena mereka juga akan memperhatikan situs anda, terutama pada kualitas konten.

2. Mencari Tahu Backlink Kompetitor

Cara ini merupakan teknik yang sering kali digunakan oleh praktisi SEO, gunakan beberapa tool yang dapat digunakan untuk mengintp sumber backlink dari kompetitor anda, misalkan Majestic SEO, OpenlinkProfiler, dan Open Site Expoler.

Nah dengan mengetahui sumber backlink yang mereka gunakan, anda dapat menirunya. Misalkan dari hasil yang ditampilkan ada yang berasal dari website atau forum tertenu, maka anda juga dapat berpartisipasi didalamnya dan mencoba mendapatkan link pada website yang sama.

Namun, saya sendiri hanya menggunakan Alexa, begini caranya :

a. Buka url www.alexa.com/siteinfo/namadomain pada browser anda. Misalnya kita gunakan website paling keren www.teoridesain.com

Menggunakan alexa untuk melihat ranking dan backlink website1

b. Lihat ranking website tersebut, jika dirasa ramping maka gulir kebawah dan lihat sumber backlinknya.

Menggunakan alexa untuk melihat ranking dan backlink website2

c. Lihat dan copy sumber backlinknya www.alexa.com/siteinfo/sumberbacklink , misalkan terlihat website juragancipir milik mbak indri, kita cek web tersebut.

Menggunakan alexa untuk melihat ranking dan backlink website3

Nah perhatikan rankingnya, buka situs cek kualitas konten dan pengunjung, tulis domain:namadomain pada mesin pencari Google agar yakin kalau situs tersebut terindex. Setelah itu berkomentarlah diwebsite tersebut pada salah satu artikel dengan komentar yang relevan, jangan hanya "wah bermanfaat, terimakasih" atau "nice info, thanks" panjang sedikit, berikan opini dan cobalah untuk bertanya.

Jangan lupa pedoman membuat backlink poin ke-tiga, jika tidak ada form website pada kolom komentar, pindah saja ke website lainnya.

3. Bergabung diberbagai Forum

Buatlah akun pada sebuah forum lalu lengkapi identitas dengan serius, cari topik yang sesuai dengan niche anda, buatlah thread dan jawab semua pertanyaan pengunjung, ulangi sampai beberapa hari, barulah promosikan website anda. Langkah langkah tersebut dilakukan agar selain mendapat backlink, reputasi website anda juga akan baik dimata pengunjung yang berasal dari forum tersebut.

Beberapa forum yang dapat anda ikuti misalnya bersosial.com, kaskus.co.id , forum.kompas.com, forum.detik.com dan masih banyak lagi.

4. Backlink dari Wikipedia 

Siapa yang tidak tahu wikipedia, salah satu situs yang sangat disukai oleh Google. Berjuta-juta orang yang datang untuk membaca setiap harinya. Bagaimana jika anda mendapatkan backlink dari situs tersebut, pastinya akan banyak visitor yang datang, selain itu situs anda akan semakin populer.

Harus anda ketahui, tidak mudah dan sangat sulit mendapatkan backlink dari wikipedia. Saya sendiri sudah membuat akun sejak lama dan sesekali mencoba menautkan backlink dari sana, tapi selalu gagal. Namun kemungkinan bisa saja terjadi kepada anda, saya sarankan cobalah untuk membuat akun di Wikipedia, membuat artikel atau mengedit beberapa artikel disana sebelum anda membuat backlink.

Nah itulah empat cara yang saya lakukan dalam membangun backlink walau cara ke empat belum juga berhasil sampai sekarang. Semoga anda lebih beruntung dari saya, salam.

Comments

  1. Wah menarik ulasannya mas, ilmu mencari backlink yg perlu diterapin nih. ane sering baca disebelah, biar banyak caran tp ngga jelas. perlu dishare biar pemula ga salah nyari backlink. sukses terus mas. makasih lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, saya juga belajar dari banayak sumber kalo soal kaya ginian biar ngga salah kaprah hehe. makasih sharenya mastah, sama sama :D

      Delete

Post a Comment

Apa yang anda pikirkan setelah membaca konten diatas? jika ingin menautkan link blog, ganti tanda (.) menjadi tanda (,) Thanks