Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Warna Template Blogger

Mengganti warna template blog adalah satu hal yang menurut saya penting, warna yang sesuai dengan niche sangat mempengaruhi keindahan dan keharmonisan tampilan website, silahkan baca Psikologi Warna Pada Sebuah Desain. Sebenarnya sudah banyak tutorial yang menuliskan artikel cara mengedit warna, cara mengganti warna, dan cara-cara untuk merubah warna pada template blogger.

Namun anda harus ketahui, sekarang saya akan share cara termudah dan tercepat. Jika anda mencari di artikel diwebsite lain, mungkin anda akan menemukan cara yang lebih sulit seperti menggunakan Adobe Photoshop atau tool-tool yang harus anda install hanya untuk mencari code warna. Sekarang anda tidak perlu benda-benda semacam itu, berikut tutorialnya.

Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Warna Template Blogger


1. Buka website anda pada browser, misalkan www.teoridesain.com

2. Klik kanan bagian yang akan diganti warna > Inspect Element , kali ini saya ingin mengganti warna menu pada template, disini saya menggunakan Google Chrome.

Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Warna Template Blogger1

3. Akan terbuka kotak dialog dibagian bawah, perhatikan gambar.

Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Warna Template Blogger2

4. Sekarang anda tinggal mengarahkan kursor agar bagian yang ingin diganti warna ter-block, cari tahu code warnanya. Lihat ke bagian kanan bawah terdapat kode warna, Copy kode > Block > Klik Kanan > Copy atau tekan CRTL+C.

Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Warna Template Blogger3

5.  Sekarang anda sudah mendapatkan code warnanya, pergi ke Dasbhor > Template > Edit HTML > CRTL+F > Paste (CRTL+V) > Enter. Anda akan menemukan letak warna tersebut di edit HTML dalam seketika.

Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Warna Template Blogger4

6. Buka www.teoridesain.com > Web Tool > Color Picker > Pilih Warna > Copy Kode Warna - Color Picker.

Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Warna Template Blogger5


7. Pastekan pada warna yang sudah ditemukan sebelumnya dalam Edit HTML > Save Template > Selesai.

Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Warna Template Blogger6


Hasil Akhir Mengganti Warna Template Blogger
Hasil Akhir dari Mengganti Warna Template


Catatan : 
Bagaimana jika terdapat banyak warna yang sama pada template anda ketika mencarinya pada Edit HTML? Solusi terbaik adalah ketahui bagian template mana yang warnanya ingin anda ganti, misalkan nav, menu. header, widget, footer dan sebagainya, begini caranya.

Ulangi langkah kedua, saat kotak dialog terlihat anda dapat menemukan persamaan codingnya didalam Inspect Element dan Edit HTML, misalkan dengan id:menu. Perhatikan Gambar.

Mencari Persamaan Coding Pada Edit HTML dan Inspect Element untuk mengganti warna

Demikian cara mudah dan cepat mengganti warna template blogger tanpa sodtware atau tool-tool yang harus anda install, Cara ini juga dapat digunakan untuk mengganti seluruh bagian warna pada template, misalkan warna footer, warna header, warna background, warna body dan sebagainya. Bagaimana mudah sekali kan? Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Mantap share nya mas, saya masih belajar css.. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mas, saya juga masih belajar hehe..

      Delete

Post a Comment

Apa yang anda pikirkan setelah membaca konten diatas? jika ingin menautkan link blog, ganti tanda (.) menjadi tanda (,) Thanks