8 Langkah Membuat Artikel Berkualitas Dan SEO

Pada dasarnya menulis artikel sangatlah mudah, bahkan seorang newbie juga dapat melakukannya. Namun tidak semua tahu bagaimana agar artikel disukai oleh mesin pencari terutama Google. Salah satu faktor yang membuat sebuah konten masuk dalam PageOne Google adalah artikel yang berkualitas dan menggunakan feature blog dengan baik dan benar.

8 Langkah Membuat Artikel Berkualitas Dan SEO

Memang, untuk sebagian orang menulis pada blog adalah sebuah hobi dan tidak begitu mempedulikan banyaknya pembaca. Namun pada kenyataanya, delapan dari sepuluh blogger memimpikan blognya ramai dikunjungi oleh pembaca, mungkin disinilah optimasi SEO dibutuhkan.

8 Langkah Membuat Artikel Berkualitas Dan SEO


1. Mencari Kata Kunci

riset kata kunci menggunakan ubersuggest

Sebelum anda menulis, ada baiknya anda mencari keywords atau kata kunci untuk artikel anda. Dari mulai judul sampai dengan isi dalam artikel yang akan ditulis. Menggunakan beberapa tool seperti misalnya Ubersugest, anda dapat melakukan riset keyword yang banyak dicari orang.

2. Menggunakan Tag Heading

menggunakan tag heading pada postingan blog

Pernah mendengar Tag Heading pada artikel? Tag heading biasa digunakan untuk membuat ukuran tulisan lebih besar dan lebih kecil, berfungsi untuk menentukan point-point penting, mengarahkan mata pembaca dari yang paling penting ke yang kurang penting dan hal ini sangat berpengaruh untuk SEO.

3. Mengubah Permalink

cara custom permalink pada postingan blog

Permalink adalah link yang akan digunakan untuk postingan kita, biasanya link akan terpotong apabila judul artikel terlalu panjang. Link yang ideal memiliki maksimal enam kata, masih katanya. Namun perlu anda sadari, tidak ada yang tidak penting pada feature blog.

4. Menambah Search Description

Menggunakan feature meta deskripsi pada postingan

Sebelum ada feature ini, blogger menggunakan meta otomatis untuk postingan. Namun setelah feature ini dibuat, banyak blogger yang menggunakannya karena memang lebih mudah digunakan. Search description digunakan agar setiap postingan memiliki meta deskripsi yang bervariasi.

5. Menghitung Jumlah Kata

cara menghitung jumlah kata pada artikel dengan wordcounter360

Konten atau Artikel yang berkualitas memiliki lebih dari 500 kata, sudah bukan rahasia lagi jika Google sangat menyukainya. Maka dari itu sebelum anda mempublikasikan artikel akan lebih baik jika terlebih dahulu menghitung kata dalam artikel dengan tool id.wordcounter360.

6. Gunakan Fungsi Alt pada Gambar

Cara menggunakan fungsi title dan alt pada gambar postingan

Robot spider tidak dapat mengetahui gambar apa yang kita upload pada artikel, maka dari itu penggunakan Title dan Alt sangat dibutuhkan. Hal ini digunakan untuk memberitahu robot spider bahwa itu adalah gambar yang dimaksudkan anda.

7. Share Artikel ke Media Sosial

share artikel otomatis ke media sosial dengan twitterfeed

Media sosial adalah salah satu tempat terbesar didunia dimana manusia saling berinteraksi dan berkomunikasi lewat internet, dari mulai membaca, bermain, melihat, dan sebagainya. Maka sangat dianjurkan apabila anda membagikan/share artikel yang baru saja dipublish ke Media Sosial. Silahkan baca Cara share otomatis postingan ke berbagai media sosial.

8. Submit Artikel ke Webmaster

submit artikel baru ke google submit url

Setelah itu submit ke Google Submit URL, hal ini digunakan untuk memberitahukan Google bahwa pada blog kita memiliki artikel baru. Langkah terakhir, jangan lupa daftarkan blog anda ke Webmaster Google, Bing dan mesin pencarian lainnya, misalkan Yandex.

Demikian delapan langkah yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan artikel yang berkualitas dan pastinya SEO dengan harapan artikel yang dipublikasikan dapat mempuncaki kedudukan halaman pertama Google. Semoga bermanfaat.

Comments