Tips Membuat Poster Yang Menarik Dan Efektif

Poster masih digunakan sebagai media publikasi dijaman modern ini, karena fungsi poster sendiri masih sangat ampuh untuk memberikan pesan atau informasi yang akan disampaikan pada khalayak ramai. Sebelumnya saya telah menuliskan artikel mengenai Penjelasan, Prinsip, dan Tujuan Desain Poster.

Tips Membuat Poster Yang Menarik Dan Efektif
Poster Lingkungan Karya Morgantj

Setelah itu saya berfikir, Apakah anda sudah dapat membuat poster hanya dengan membaca artikel tersebut? Mungkin untuk beberapa orang menjawab belum, maka dari itu saya menuliskan artikel lanjutan yaitu tips membuat poster yang menarik dan efektif. Lalu apa saja yang harus diperhatikan, berikut penejelasannya.

Tips Membuat Poster Yang Menarik Dan Efektif


1. Ukuran Media

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari bahan untuk poster itu sendiri dengan ukuran yang relatif besar, hal ini dilakukan agar media tersebut dengan mudah dilihat dan mendapat perhatian lebih dari khalayak ramai, misalkan kertas berukuran A3 atau lebih besar. 

2. Perhatikan Gambar

Salah satu elemen penting dari desain poster adalah sebuah gambar. Gambar berfungsi sebagai eye-catcher untuk menarik perhatian pemirsa. Gunakan gambar berfilosofi yang dapat diterjemahkan dengan mudah oleh kalangan umum dari usia A-Z sesuai target. 

3. Perhatikan Font

Tidak semua orang dapat menerjemahkan gambar yang anda buat pada poster, untuk itu sebuah kalimat atau kata-kata sangatlah penting. Kalimat singkat dan padat, font yang mudah dibaca, tidak mengganggu tampilan grafis dari gambar, dan gunakan prinsip hierarchy bila diperlukan. Apa itu hierarchy? silahkan baca Tips Ampuh Membuat Desain Semakin Sempurna.

4. Memiliki Tema/Konsep

Poster merupakan salah satu media yang harus memiliki tema dan konsep yang jelas, agar pesan yang ada dapat dengan mudah tersampaikan untuk khalayak ramain. Jika kita membicarakan tema/konsep dari sebuah poster, maka ada dua pertanyaan yang harus dijawab yaitu :
1. Gambar apa yang cocok untuk tema tersebut?
2. Kalimat atau kata-kata apa yang cocok untuk tema tersebut?
Sangat tidak lucu apabila poster untuk anak anak menggunakan gambar hantu yang menakutkan, sangat tidak etis apabila poster kelas menggunakan kalimat-kalimat yang kurang mendidik. Saya rasa anda tahu maksud saya.

5. Perhatikan Warna

Warna dasar yang dapat anda gunakan untuk membuat poster adalah Hitam-Putih, namun ini kurang membantu pemirsa memahami pesan apa yang ingin anda sampaikan terkecuali jika kalimat yang anda tuliskan benar benar kuat.

Jika anda ingin pemirsa dengan mudah memahami pesan dalam poster, maka warna adalah elemen ketiga yang harus diperhatikan. Misalkan anda membuat gambar air, maka berikan warna biru. Orang akan dengan mudah mengidentifikasi bahwa itu air, dengan gambar sedikit bergelombang dan berwarna biru. Warna juga sangat berpengaruh untuk menarik perhatian pemirsa.

6. Perhatikan Prinsip Dasar Layout

Seperti artikel sebelumnya, saya telah menuliskan bahwa poster menggunakan prinsip dasar layout, seperti keseimbangan, penekanan, kesatuan dan alur baca, untuk lebih lengkapnya silahkan baca Penjelasan Tata Letak Layout.


7. Dipasang Ditempat Strategis

Hal terakhir setelah desain poster anda selesai dibuat adalah memasangnya ditempat-tempat strategis. Strategis yang saya maksudkan adalah dapat dilihat oleh semua khalayak ramai, dengan kata lain ditempat-tempat umum. Namun anda juga dapat memasangnya ditempat-tempat yang sering kali dikunjungi oleh target pembaca poster saja.

Demikian tips membuat poster yang menarik dan efektif, kesimpulan dari artikel diatas adalah ketika anda berniat membuat poster maka ada baiknya memperhatikan ukuran media, gambar, kalimat (font), tema/konsep, warna, dan pemasangan poster itu sendiri ditempat-tempat strategis (umum). Semoga bermanfaat.

Comments