Cara Efektif Mempercepat Loading Blog Atau Template

Masalah yang sering terjadi saat mengujungi sebuah blog adalah kecepatan loading, template yang anda gunakan sangat berpengaruh pada kualitas kunjungan para pembaca. Pada dasarnya setiap pengujung memiliki koneksi internet yang berbeda, ada yang cepat dan ada yang lambat.
Cara Efektif Mempercepat Loading Blog Atau Template

Nah untuk mengatasi hal tersebut, menggunakan template yang memiliki loading dengan kecepatan tinggi merupakan solusi yang dapat kita lakukan agar pengujung betah berlama-lama. Sekarang anda tidak perlu bersusah payah mencari template dengan loading yang cepat, karena saya akan memberikan beberapa cara yang efektif untuk mempercepat loading blog anda. 

Sebelumnya silahkan cek seberapa cepat template atau blog anda dengan beberapa tool, yaitu GTMetrix dan PageSpeed Insight.

Cara Efektif Mempercepat Loading Template Atau Blog


1. Membuang Widet Yang Tidak Perlu

Perlu anda ketahui, widget yang anda pasang merupakan salah satu faktor yang membuat kecepatan blog semakin lambat. Sebenarnya anda tidak perlu memasang banyak widget karena tidak semua pengujung akan memperhatikannya. Akan lebih baik apabila widget yang anda gunakan adalah widget-widget yang berguna saja, misalkan artikel populer, artikel terbaru, arsip blog, partner (blogroll) dan kategori/label. Selain itu, cobalah untuk menghapusnya jika memang tidak terlalu diperlukan.


2. Mengompres CSS dan Javascript 

Sekarang sudah banyak template gratis maupun premium yang memiliki kecepatan loading tinggi. Namun jika anda tidak ingin menggantinya karena takut visitor turun atau karena sudah cocok dengan desain template yang anda gunakan, maka jalan keluar lain yang dapat anda lakukan adalah mengompres beberapa CSS dan Javascript yang menurut anda mengganggu askes kecepatan. Anda dapat menggunakan HTML Compressor .

3. Perhatikan Format dan Ukuran Gambar

Ada beberapa format gambar yang dapat kita gunakan misalkan JPG, PNG, GIF, BMP dan TIFF. Saya sarankan, gunakan format gambar JPG dan PNG saja, jika memang terpaksa menggunakan GIF (Gambar bergerak) perhatikan ukuran gambarnya. Untuk memperkecil ukuran gambar sebelum diupload, anda dapat menggunakan Image Optimizer.

4. Menggunakan Font Awesome Untuk Icon Template

Bila anda menggunakan gambar untuk icon pada template, misalkan icon media sosial atau icon-icon lainnya. Lebih baik gunakan font awesome untuk menggantinya, karena bisa dibilang akan lebih ringan. Anda dapat mengujungi Fortawesome Github untuk memulai menggunakannya.

5.  Menambah Asynchronous Pada Jquery

Silahkan tambah kode async="async" pada ajax googleapis :

<script async="async" src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/2.1.1/jquery.min.js' type='text/javascript'/>

6. Optimalkan CSS Delivery Blog

Silahkan ganti kode-kode berikut ini : 

<head> menjadi &lt;head&gt;</head> menjadi &lt;!--<head/>--&gt; atau &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt; | </body> menjadi &lt;!--</body>--&gt;

Demikian beberapa cara mempercepat loading blog, jika anda masih menggunakan domain blogspot mungkin akan menemukan masalah Avoid Landing Page Redirect ketika melihat prosentase nilai kecepatan pada GTMetrix, belum ada solusi untuk masalah ini karena dari pihak blogger memang sudah menggunakan redirect misalakan dari blogspot.com ke blogspot.co.id. Namun ada satu solusi yang dapat anda lakukan, yaitu mengganti domain blogspot dengan domain TLD, semoga bermanfaat.

Comments